PENGGUNAAN METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) SAHABAT BUKU KARAWANG

Authors

  • Aisyah Puspita sari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratna Sari Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v8i2.20078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penggunaan metode read aloud dalam meningkatkan minat membaca anak di Taman Bacaan Masyarakat Sahabat Buku Karawang, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode read aloud dalam meningkatkan minat membaca anak di Taman Bacaan Masyarakat Sahabat Buku Karawang, dan 3) Mendeskripsikan hasil penggunaan metode read aloud dalam meningkatkan minat membaca anak di Taman Bacaan Masyarakat Sahabat Buku Karawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode read aloud dalam meningkatkan minat membaca anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sahabat Buku Karawang menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat membaca anak secara positif. Faktor pendukung, seperti ketersediaan bahan bacaan yang memdai, partisipasi orang tua, serta lingkungan sekitar yang mendukung meningkatnya budaya membaca, sementara faktor penghambat berasal dari aspek internal anak dan kendala teknis saat kegiatan berlangsung. 

Kata kunci: Metode Read Aloud, Minat Membaca, TBM

 

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

sari, A. P., Dewi, R. S., & Hoerniasih, N. (2025). PENGGUNAAN METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) SAHABAT BUKU KARAWANG. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 130–136. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v8i2.20078