PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v1i1.1482Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan metode read aloud. Anak usia dini harus dioptimalisasikan perkembangan bahasa khususnya literasi yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dengan metode yang menyenangkan. Hasil observasi menunjukan bahwa anak usia 4-5 tahun di TK Permatahati, kemampuan literasi belum sesuai harapan, kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kesempatan anak dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Permasalahan inilah yang menjadi landasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang peningkatan kemampuan literasi anak melalui metode Read AloudPertanyaan penelitian ini adalah apakah melalui metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak?. Penelitian ini mengunakan pendekatan action research dengan tehnik analisis data dari dua siklus dengan model Kemmis S dan Mc Taggart dan studi literatur. Hasil penelitian pra siklus, tidak ada anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH=0%) dan Berkembang Sangat Baik (0%=BSB)). Hasil siklus I adalah dua anak Berkembang Sesuai Harapan (40% = BSH) dan tidak ada anak yang Berkembang Sangat Baik (0%). Hasil siklus II tiga anak Berkembang Sesuai Harapan (55%=BSH) dan dua anak Berkembang Sangat Baik (29% = BSB). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran pada kemampuan berbahasa mengunakan metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu sebesar 83%.Referensi
Arikunto, Suharsimi. Suhadjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gardner, Howard. (1985). Frames Of Minds The Theory Of Multiple Intelligences. New York:Basic Book, Inc.
Hoff, Erika. (2005). Language Development. Belmount: WADSWORTH.
Kemendikbud. Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayan Republik Indonesia Nomer 146 Tahun 2014. (Online). (http:/paud.kemndikbud.go.id/w
pontent/uploads/2016/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf, Diakses 18 April 2017, Pukul 20.00 WIB)
Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.
R., Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:PT RINEKA CIPTA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sujiono, Yuliarni Nurani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Trelease, Jim. (2013). The Read-Aloud Handbook. New York:PENGUIN BOOKS.