MENGKONSTRUKSI PEMAHAMAN ORANG TUA UNTUK MENGENAL KONSEP GENDER PADA KEGIATAN PENGASUHAN DI DALAM KELUARGA

(Studi Pada Pos Mitra Keluarga Responsif Gender SPNF-SKB Bengkulu Tengah)

Penulis

  • Ari Putra Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Elwan Stiadi Pendidikan Matematika, FKIP, UNIB

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v7i1.16351

Abstrak

Penelitian  bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dalam mengenalkan konsep gender kepada orang tua di masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah, khususnya di wilayah rural dengan kondisi ekonomi kelas menengah ke bawah, dalam konteks pengasuhan anak usia 0-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi partisipatif kepada kelompok orang tua yang menitipkan anaknya di Layanan paud pendidikan nonformal. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 0-6 tahun di wilayah tersebut. Hasil studi menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam mengenalkan konsep gender kepada orang tua di masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah adalah melalui sharing pengalaman pada kegiatan parenting education. Parenting dilakukan secara kelompok untuk memberikan pemahaman dasar tentang konsep gender dan dampaknya dalam pengasuhan anak. Selanjutnya, dilakukan penguatan informasi secara intensif untuk memberikan keterampilan praktis dalam menerapkan pengasuhan inklusif gender dalam kehidupan sehari-hari. Forum diskusi dan pertukaran pengalaman antarorang tua untuk memperkuat pemahaman tentang gender dan pengasuhan yang inklusif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan yang holistik dan berkelanjutan dalam mengenalkan konsep gender kepada orang tua. Upaya yang terkoordinasi antara pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dalam mengubah pola pikir dan perilaku terkait gender. Dengan demikian, diharapkan orang dapat memberikan pengasuhan yang lebih inklusif gender dan mendukung perkembangan anak-anak secara optimal.

Biografi Penulis

Ari Putra, Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu

FKIP Universitas Bengkulu

Diterbitkan

2024-04-13

Cara Mengutip

Putra, A., & Stiadi, E. (2024). MENGKONSTRUKSI PEMAHAMAN ORANG TUA UNTUK MENGENAL KONSEP GENDER PADA KEGIATAN PENGASUHAN DI DALAM KELUARGA: (Studi Pada Pos Mitra Keluarga Responsif Gender SPNF-SKB Bengkulu Tengah). Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 25–35. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v7i1.16351