ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SPNF-SKB KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v7i1.16546Abstrak
Penelitian yang bertujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini di SPNF-SKB Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 kepala SPNF-SKB, 2 tutor pendidikan anak usia dini dan 3 orang tua murid. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, perencanaan pembelajaran yang dilakukan setiap tahun ajaran baru oleh tutor pendidikan anak usia dini dan kepala SPNF-SKB Kabupaten Bogor. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan berdasarkan kelompok usia dengan memenuhi tahapan-tahapan pembelajaran yang meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses kegiatan pembelajaran dengan rutin dan berkesinambungan dengan menggunakan tabel capaian pembelajaran dan catatan anekdot. Pengawasan pembelajaran dilakukan setiap bulan oleh kepala SPNF-SKB Kabupaten Bogor dengan mengamati perencanaan kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat dari pengelolaan pembelajaran di SPNF-SKB Kabupaten Bogor terdapat dari pihak internal dan eksternal.
Kata kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, PAUD, SPNF-SKB