Peningkatan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Penerapan Model project Based Learning Mind Maping pada matakuliah Masalah Sosial

Penulis

  • Citra Dwi Palenti Universitas Bengkulu
  • Ari Putra Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v7i2.18385

Abstrak

 Keterampilan penting yang diidentifikasi oleh UNESCO untuk abad ke-21 tetap terkait dengan empat pilar pendidikan, antara lain: 1) belajar mengetahui (learn to find out), 2) belajar melakukan (learn to do), 3) belajar menjadi (learn to be personal), an 4) learning to live together in peace (belajar untuk hidup bersama dalam kedamaian). Salah satu ketermpilan yang harus diberdayakan melalui proses pembelajaran di perguruan tinggi yaitu keterampilan metakognitif. Tujuan dari Penelitian ini Peningkatan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning Berbantu Mind Maping”. Metode penelitian ini eksperimen bertipe kuasi. Prinsip dari jenis penelitian ini yaitu mengetahui hasil dari pemberian tindakan pada kelompok sampel tertentu. Kelompok pada penelitian ini terdiri dari kontrol dan eksperimen. Hasil belajar mahasiswa dikatakan meningkat atau berhasil apabila > 75% dari seluruh jumlah mahasiswa yang mencapai nilai A (85-100).

 

Biografi Penulis

Citra Dwi Palenti, Universitas Bengkulu

Google Scholar: zlsf7tIAAAAJ SINTA ID: 6755673

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Palenti, C. D., & Ari Putra. (2024). Peningkatan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Penerapan Model project Based Learning Mind Maping pada matakuliah Masalah Sosial . Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v7i2.18385