STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MINUMAN TRADISIONAL HOMEMADE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DAGANG DI ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v8i1.19011Abstrak
Usaha kecil menengah minuman tradisional termasuk dalam bidang pengolahan pangan. Dalam realitasnya usaha ini banyak mengalami permasalahan terutama dalam hal pengembangan usaha supaya mampu bertahan dalam persaingan bisnis. Perencanaan strategis untuk pengembangan usaha perlu dibuat agar operasional industri dapat berjalan efektif dan efisien. Dengan ini kami mencoba untuk mengembangkan produk dengan berjualan di Program kewirausahaan Mahasiswa. Adanya persaingan dagang di era globalisasi menjadikan penjualan produk jamu olahan tradisional mengalami penurunan disebabkan oleh minat masyarakat yang berkurang karena kemasan minuman yang kurang menarik, strategi promosi yang belum efisien, serta pandangan masyarakat mengenai minuman tradisional identik dengan minuman untuk lansia. Sehingga pangsa pasar yang didapatkan tidak menyeluruh. Adanya beberapa kendala tersebut akan berdampak pada pendapatan penjualan Usaha minuman tradisional. Oleh sebab itu kami mencoba untuk menjual minuman tradisional dengan campuran beberapa topping, ternyata dengan penambahan topping dan pengemasan yang lebih menarik keuntungan yang di dapat lebih tingi. Dari hasil penjualan kami, kami bisa mendapatkan untung hingga 2x lipat. Selain itu pandangan konsumen mengenai minuman tradisional mulai berubah terutama konsumen dengan usia remaja.
















