DAMPAK INOVASI TREN MINUMAN KEKINIAN : MINUMAN JELLY TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

Penulis

  • Denny Cahya STIE MAHARDHIKA
  • Aldi Dwi Prasetyo STIE Mahardika
  • Aga Niagara STIE Mahardika
  • Rachmadani Nur Aji Wijaya Kusuma STIE Mahardika
  • M. Syarif Hidayani STIE Mahardika

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v8i1.19085

Abstrak

Inovasi dalam pemasaran minuman jelly telah membawa perubahan signifikan dalam selera konsumen dan pola konsumsi di masyarakat. Selain itu, inovasi dalam rasa, tekstur, dan tampilan yang menarik telah membuat minuman jeli menjadi salah satu produk paling populer di masyarakat, terutama di kalangan remaja dan anak-anak. Oleh karena itu, sebagai sebuah inovasi dibandingkan minuman jelly biasa, minuman ini hadir dengan kemasan yang menarik serta cita rasa yang membuat produk ini menonjol dibanding minuman sejenis lainnya baik dari segi rasa maupun tampilan. Produk minuman yang dikembangkan disebut "MINJELL". Tujuan dari inovasi ini adalah untuk menganalisis dampak sosial konsumsi minuman jeli dalam hal kesehatan dan juga menerapkannya di kampus-kampus, tempat jajanan dan beberapa warung kecil, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar hingga 50%. Selain itu, kemasan yang menarik dan berkelanjutan merupakan daya tarik utama, terutama bagi konsumen muda yang sadar lingkungan. Hasilnya, inovasi ini tidak hanya membuat produk lebih kompetitif tetapi juga menyebabkan perubahan masyarakat ke arah pola konsumsi yang lebih modern. Kesimpulannya menyoroti pentingnya menggabungkan inovasi produk dengan strategi pemasaran untuk meningkatkan penerimaan dan keberlanjutan bisnis minuman jelly.

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Cahya, D., Dwi Prasetyo, A., Niagara, A., Nur Aji Wijaya Kusuma, R., & Hidayani, M. S. (2025). DAMPAK INOVASI TREN MINUMAN KEKINIAN : MINUMAN JELLY TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 65–75. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v8i1.19085