KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF (Usia 5 – 6 Tahun Di Paud Tunas Bangsa Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur)
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2255Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode permainan kartu huruf anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Bangsa Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, setiap siklusnya tiga kali pertemuan. Objek penelitian berfokus pada peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode bermain kartu huruf. Metode pengumpulan data menggunakan observasi checklist, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan sebesar 16,28% pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,97%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan ini terlihat dari anak sudah mampu mampu mengurutkan huruf abjad, mampu menyebutkan lambang atau simbol huruf vokal, mampu menyebutkan
lambang atau simbol huruf konsonan, mampu membaca suku kata berpola KV (Konsonan Vokal), mampu membaca suku kata berpola VK (Vokal Konsonan), mampu membaca suku kata berpola KVK (Konsonan, Vokal, Konsonan), mampu menyebutkan kata yang mempunyai fonem awal yang sama, serta mampu menyusun huruf menjadi kata sesuai dengan gambar
yang ditunjukkan.