METODE PERMAINAN OUTBOUND DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK (Usia 4-5 Tahun Di Paud Ad-Da’wah Kec. Cibadak Kab. Sukabumi)

Penulis

  • Sri Nurlaily
  • Ulfia Ahsanti

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2256

Abstrak

Anak mulai mengembangkan kemandirian ditandai dengan kebebasan melakukan segala  sesuatu dengan caranya sendiri, yaitu anak sudah bisa berlari, melompat, meloncat sendiri. Masih minimnya sikap kemandirian pada diri anak disebabkan karena kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemandirian kurang bervariasi. Kondisi yang seperti itulah yang berdampak pada perkembangan sosial emosional anak khususnya kemandirian anak kurang berkembang secara optimal. Berdasarkan lembar observasi kemandirian anak dan lembar observasi metode permainan outbound, maka metode
permainan outbound dapat meningkatkan kemandirian anak dan pada siklus II
dinyatakan berhasil. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan bantuan alat pengeumpulan data berupa observasi, unjuk kerja anak. Terhadap 11 responden. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada setiap siklus diketahui terdapat peningkatan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui metode permainan outbound di PAUD Ad-Da’wah.

Diterbitkan

2019-04-01

Cara Mengutip

Nurlaily, S., & Ahsanti, U. (2019). METODE PERMAINAN OUTBOUND DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK (Usia 4-5 Tahun Di Paud Ad-Da’wah Kec. Cibadak Kab. Sukabumi). Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 118–131. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2256

Terbitan

Bagian

Articles