PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA AMIK DCC BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i2.2625Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kondisi dan potensi, 2)
menganalisis proses, 3) menganalisis karakteristik model pembelajaran discovery
learning, 4) meningkatkan efektifitas, 5) meningkatkan efisiensi, dan 6)
meningkatkan daya tarik dengan menggunakan model pembelajaran discovery
learning untuk meningkatkan kepribadian. Penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D). Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi serta
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran
yang digunakan kurang bervariasi, 2) proses pembelajaran discoveri learning
dilakukan dengan cara dosen menyajikan informasi awal kepada mahasiswa
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, 3) langkah model pembelajaran discovery
learning adalah analisis kebutuhan, desain pembelajaran, desain dan
pengembangan media, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi, uji coba
lapangan, 4) meningkatnya efektifitas pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran discoveri learning lebih besar, 5) meningkatnya efisiensi melihat dari
waktu pembelajaran yang dilakukan, dan 6) meningkatnya daya tarik yang tinggi
sehingga memiliki dampak positif terhadap perubahan kepribadian mahasiswa
Referensi
Fitriani. 2016. Dasar-dasar Evaluasi
Penelitian. Jakarta : PT Rineka
Cipta.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan
Pembelajaran. Universitas
Lampung: Lampung.
Mujimah. 2007. Belajar Mandiri. UNY
Press: Yogyakarta.
Slavin. 2014. Menuju Masyarakat
Belajar Menggagas Paradigma
Baru Pendidikan. Paramadina:
Jakarta.
Sugiyono. 2011. Pemanfaatan Buku
Teks Dalam Proses Belajar
Mengajar. CV.Remaja Karya:
Bandung.
Sagala. 2009. Pemanfaatan Buku Teks
Dalam Proses Belajar
Mengajar. CV.Remaja Karya:
Bandung.