PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA AMIK DCC BANDAR LAMPUNG

Penulis

  • Tsamaniariaty Hidayah
  • Yuli Syafitri

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i2.2625

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kondisi dan potensi, 2)
menganalisis proses, 3) menganalisis karakteristik model pembelajaran discovery
learning, 4) meningkatkan efektifitas, 5) meningkatkan efisiensi, dan 6)
meningkatkan daya tarik dengan menggunakan model pembelajaran discovery
learning untuk meningkatkan kepribadian. Penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D). Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi serta
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran
yang digunakan kurang bervariasi, 2) proses pembelajaran discoveri learning
dilakukan dengan cara dosen menyajikan informasi awal kepada mahasiswa
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, 3) langkah model pembelajaran discovery
learning adalah analisis kebutuhan, desain pembelajaran, desain dan
pengembangan media, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi, uji coba
lapangan, 4) meningkatnya efektifitas pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran discoveri learning lebih besar, 5) meningkatnya efisiensi melihat dari
waktu pembelajaran yang dilakukan, dan 6) meningkatnya daya tarik yang tinggi
sehingga memiliki dampak positif terhadap perubahan kepribadian mahasiswa

Referensi

Fitriani. 2016. Dasar-dasar Evaluasi

Penelitian. Jakarta : PT Rineka

Cipta.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan

Pembelajaran. Universitas

Lampung: Lampung.

Mujimah. 2007. Belajar Mandiri. UNY

Press: Yogyakarta.

Slavin. 2014. Menuju Masyarakat

Belajar Menggagas Paradigma

Baru Pendidikan. Paramadina:

Jakarta.

Sugiyono. 2011. Pemanfaatan Buku

Teks Dalam Proses Belajar

Mengajar. CV.Remaja Karya:

Bandung.

Sagala. 2009. Pemanfaatan Buku Teks

Dalam Proses Belajar

Mengajar. CV.Remaja Karya:

Bandung.

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

Hidayah, T., & Syafitri, Y. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA AMIK DCC BANDAR LAMPUNG. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 156–166. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i2.2625

Terbitan

Bagian

Articles