EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK PADA PKBM AL JAUHAR

Penulis

  • Arin Khairunnisa
  • Mastur Toyib Kessi

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3610

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran homeschooling dalam mengembangkan kemandirian belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh
gambaran tentang efektivitas model pembelajaran homeschooling dalam mengembangkan kemandirian belajar anak. Manfaat Penelitian sebagai sumbangan ilmiah terhadap pengembangan ilmu dalam pendidikan non-formal khususnya dalam teori tentang
homeschooling dan kemandirian serta memberikan sumbangan terhadap teori model pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi non-partisipatif, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan instrumen
penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedomen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengacu konsep dari Hubberman dan Miles yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terusmenerus sampai tuntas hingga
mencapai titik jenuh data. Informan dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti homeschooling pada lembaga pendidikan (PKBM Al jauhar) dan lembaga pendidikan PKBM Al jauhar

Diterbitkan

2020-10-01

Cara Mengutip

Khairunnisa, A., & Kessi, M. T. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK PADA PKBM AL JAUHAR. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 263–269. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3610

Terbitan

Bagian

Articles