IMPLEMENTASI TEKNIK FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR MELALUI MATA KULIAH SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI

Penulis

  • Rufran Zulkarnain
  • Ririn Gusti

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3613

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk tersusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan teknik Forum Group Discussion (FGD), terciptanya proses pelaksanaan pembelajaran dengan teknik FGD, adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan pembelajaran teknik FGD, serta adanya peningkatan kualitas dan kualitas proposal skripsi mahasiswa pada mata kuliah Seminar Proposal Skripsi di Prodi PNF FKIP Unib.
Metode yang digunakan dalam penelitian peningkatan kualitas pembelajaran adalah jenis penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Prosedur penelitian dalam penelitian ini dirancang minimal dua siklus sesuai dengan tingkat permasalahan dan kondisi yang akan ditingkatkan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang harus ditempuh, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil yang akan dicapai dari penelitian ini yaitu Persiapan proses pembelajaran terstruktur, proses
pembelajaran dilakukan secara lebih bermakna, mendalam, dan objektif karena melibatkan orang-orang yang kompeten dibidangnya dalam FGD tentang mata kuliah seminar proposal skripsi, dan peningkatan kualitas dan kuantitas proposal skripsi mahasiswa untuk diajukan di program studi guna mendapatkan dosen pembimbing dan dijadikan proposal penelitian skripsi

Diterbitkan

2020-10-01

Cara Mengutip

Zulkarnain, R., & Gusti, R. (2020). IMPLEMENTASI TEKNIK FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR MELALUI MATA KULIAH SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 292–299. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3613

Terbitan

Bagian

Articles