PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTEK MANDIRI DAN KONTROL ANONIM SESAMA MENGENAI KAJIAN AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4721Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah tersusunnya Perencanaan Kegiatan Belajar Semester yang didalamnya terdiri dari praktek mandiri dan kontrol anonim pada mata kuliah pendidikan agama, terciptanya teknik pengaktualan kegiatan belajar pada mata kuliah pendidikan agama melalui praktek mandiri dan kontrol anonim, terdapat eskalasi hasil studi mahasiswa melalui praktek mandiri dan kontrol anonim, serta peningkatan perilaku berakhlak secara alami diterapkan oleh mahasiswa. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) dengan dua siklus berdasarkan kualitas masalah dan keadaan yang akan optimalkan. Masing-masing siklus memiliki empat tingkatan yang wajib dilaksanakan, yakni plann, action, pengamatan (observation) dan reflection Menurut hasil riset yang telah terlaksana dapat diketahui bahwa persiapan proses kegiatan belajar mengajar sistematis dan dapat diikuti oleh mahasiswa beserta dosen, proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan subtansial karena mahasiswa langsung mempraktekkan dan dikontrol secara anonim dalam penerapan perilaku berakhlak pada mata kuliah pendidikan agama sesuai dengan bahan ajar, serta peningkatan kualitas mahasiswa dalam menerapkan perilaku berakhlak secara alami.
Referensi
A. Qohar Masjkoery dkk. 2003. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gunadarma.
Al-Ghazali,Ihya' ulum ad-Din, Juz 3, (Beirut: Dar Al-fikr, tt), h. 48
Al-Qur'an Surat Al-Qalam Ayat 5 tentang Anjuran Berakhlak dan Berbudi Pekerti yang Baik seperti Nabi Muhammad SAW.
HadistH R.Ah- mad yang berbunyi: "Sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak mulia”.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Bab I, pasal 2, ayat (1).
Sarlito Wirawan Sarwono, 2002. Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung : PTRemaja Rosdakarya.
Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Wardani, Kuswaya Wihardit dan Noehi Nasution. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.