IMPLEMENTASI METODE MENGHAPAL QURAN MELALUI METODE TAKRIR DI PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4728Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode takrir yang dikembangkan kepada santri penghapal quran di pesantren Arrahmaniyah. Metode menghapal quran pada pondok pesanteren memiliki caranya masing-masing. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini dilakukan dengan dua tahapan mulai dari persiapan dan penerapan. Persiapan dilakukan oleh pendidik atau fasilitator yang ada dipondok pesantren. Sedangkan penerapan lebih kepada proses implementasi dengan tahapan siswa mulai menyetorkan hapalan dilanjutkan dengan mudarosah berkelompok, Al-Imtihan Fii Muraja'atil Muhafazhah, istiomah takrir di dalam shalat. Simpulan pada penelitian ini adalah metode takrir dalam menghapal quran sangat efektif. Dengan adanya tahapan yang dapat menjadikan santri semakin mudah dalam melakukan kegiatan hapalan.
Referensi
Arifin, Muhammad 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Bahri S. D, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sa'dulloh. 2001. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani
Munawir. 1984. Kamus Al-Munawir. Yogyakarta: Pustaka Progressif
Margono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.
Zen Muhaimin. 2000. Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insan
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310.