PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN CIGOMBONG

Penulis

  • Ani Safitri Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5966

Abstrak

Ibu rumah tangga merupakan orang dewasa yang memiliki karakteristik yang berbedabeda berdasarkan konsep diri dan pengalaman hidupnya. Pelatihan kewirausahaan berjalan dengan efektif dan efisien karena menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa yaitu: orang dewasa memiliki konsep diri, memiliki akumulasi pengalaman, memiliki kesiapan belajar, menginginkan dapat segera memanfaatkan hasil belajaranya, memiliki kemampuan belajar dan dapat dapat belajar efektif apabila melibatkan aktivitas mental dan fisik. Pelatihan kewirausahaan yang dilakukan dengan meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki oleh ibu-ibu rumah tangga yaitu memasak dengan menamkan jiwa kewirausahaan dan memberikan kepercayaan kepada ibu rumah tangga untuk mencoba membuat sendiri kue pie dan mengemasnya dengan baik sehingga memiliki nilai jual di masyarakat, karena tujuan pelatihan kewirausahaan ini untuk dapat memberdayakan ibu rumah tangga yang tidak hanya menunggu anaknya pulang sekolah tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian keluarganya

Referensi

Budiwan Jauhan (2018). Pendidikan

Orang Dewasa. Jurnal Qalamuna.

Vol. 10 No.2. hal.107-135.

Doriza Shinta, Putri Gede Utami Vera.

(2014). Pemanfaatan Limbah

Botol Plastik Melalui Pelatihan

Wirausaha Produk Aksesoris Bagi

Ibu Rumah Tangga. Jurnal

Sarwita. Vol.11 No. 2. Hal. 99-108.

Kisworo Bagus. (2017). Implementasi

Media Pembelajaran Berbasis

Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang

Dewasa di PKBM Indonesia Pusaka

Ngaliyan Semarang. Jurnal of

Nonformal Education. Vol.3 No.1

hal.80-86.

Megawati Apriliyana. (2013) Penerapan

Prinsip Pembelajaran Orang

Dewasa (Andragogi) Pada

Program Life Skill Di Sanggar

Kegiatan Belajar Kabupaten Pati.

Skripsi UNNES.

Nugraha Firman. (2016). Learning Is Fun

Dalam Perspektif Pembelajaran

Orang Dewasa. Jurnal Balai Diklat

Keagamaan Bandung. Volume IX

No.26 hal.98-108.

Nurmaya, Indah Kurnianingsih, Rosini,,

Nova Eka Diana. (2017) IBM

Pelatihan Decoupage Dan ECommerce Untuk Meningkatkan

Ekonomi Ibu Rumah Tangga.

Prosiding Seminar Hasil

Pengabdian Kepada Masyarakat.

hal. 160-165.

Putri Lodia Dwika, Wardi Jeni, Khairani

Zulia (2017). Pelatihan

Kewirausahaan Ibu-ibu rumah

Tangga pada Kelurahan Sri

Meranti Kecamatan Rumbai

Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal

Dinamisia. Vol 1 No.1 hal. 145-

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan

Orang Dewasa. Jurnal

Kependidikan Vol.1 No1 hal. 1-11.

Supenti, Sholih, Faturrohman Nandang.

(2019). Penerapan Pendekatan

Pendidikan Orang Dewasa Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar

Jama'ah Majelis Taklim Roudotul

Muktasidin Di Desa

Muncangkopong Kecamatan

Cikulur Kabupaten Lebak-Banten.

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar

Sekolah. Vol. 4 No 1 Hlm. 71 – 80.

Wahono , Niswatul Imsiyah , Aris

Setiawan (2020). Andragogi:

Paradigma Pembelajaran Orang

Dewasa Pada Era Literasi Digital.

Proceding Literasi Dalam

Pendidikan di Era Digital Untuk

Generasi Milenial. Hal 517-527.

Wibowo Suryo Hadi, Sutjipta Nyoman,

Windia Wayan I. (2018). Peranan

Penyuluh Pertanian Lapangan

(PPL) sebagai Fasilitator dalam

Penggunaan Metode Belajar

Pendidikan Orang Dewasa

(Andragogi). Jurnal Agrobisnis

dan Argowisata. Vol.7 No.1 hal.

-30.

Danial Adang, Herwina Wiwin, Mumu,

Novitasar Nastiti. (2021).

Program Kecakapan Wirausaha

Sebagai Alternatif Pendidikan

Keterampilan Dalam Menjaga

Kestabilan Pangan Keluarga.

Jurnal Abdimas Siliwangi. Vol4.

No.1. hal 121-128

Diterbitkan

2021-10-22

Cara Mengutip

Safitri, A. (2021). PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN CIGOMBONG. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 101–107. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5966

Terbitan

Bagian

Articles