PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN CIGOMBONG
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5966Abstrak
Ibu rumah tangga merupakan orang dewasa yang memiliki karakteristik yang berbedabeda berdasarkan konsep diri dan pengalaman hidupnya. Pelatihan kewirausahaan berjalan dengan efektif dan efisien karena menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa yaitu: orang dewasa memiliki konsep diri, memiliki akumulasi pengalaman, memiliki kesiapan belajar, menginginkan dapat segera memanfaatkan hasil belajaranya, memiliki kemampuan belajar dan dapat dapat belajar efektif apabila melibatkan aktivitas mental dan fisik. Pelatihan kewirausahaan yang dilakukan dengan meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki oleh ibu-ibu rumah tangga yaitu memasak dengan menamkan jiwa kewirausahaan dan memberikan kepercayaan kepada ibu rumah tangga untuk mencoba membuat sendiri kue pie dan mengemasnya dengan baik sehingga memiliki nilai jual di masyarakat, karena tujuan pelatihan kewirausahaan ini untuk dapat memberdayakan ibu rumah tangga yang tidak hanya menunggu anaknya pulang sekolah tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian keluarganyaReferensi
Budiwan Jauhan (2018). Pendidikan
Orang Dewasa. Jurnal Qalamuna.
Vol. 10 No.2. hal.107-135.
Doriza Shinta, Putri Gede Utami Vera.
(2014). Pemanfaatan Limbah
Botol Plastik Melalui Pelatihan
Wirausaha Produk Aksesoris Bagi
Ibu Rumah Tangga. Jurnal
Sarwita. Vol.11 No. 2. Hal. 99-108.
Kisworo Bagus. (2017). Implementasi
Media Pembelajaran Berbasis
Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang
Dewasa di PKBM Indonesia Pusaka
Ngaliyan Semarang. Jurnal of
Nonformal Education. Vol.3 No.1
hal.80-86.
Megawati Apriliyana. (2013) Penerapan
Prinsip Pembelajaran Orang
Dewasa (Andragogi) Pada
Program Life Skill Di Sanggar
Kegiatan Belajar Kabupaten Pati.
Skripsi UNNES.
Nugraha Firman. (2016). Learning Is Fun
Dalam Perspektif Pembelajaran
Orang Dewasa. Jurnal Balai Diklat
Keagamaan Bandung. Volume IX
No.26 hal.98-108.
Nurmaya, Indah Kurnianingsih, Rosini,,
Nova Eka Diana. (2017) IBM
Pelatihan Decoupage Dan ECommerce Untuk Meningkatkan
Ekonomi Ibu Rumah Tangga.
Prosiding Seminar Hasil
Pengabdian Kepada Masyarakat.
hal. 160-165.
Putri Lodia Dwika, Wardi Jeni, Khairani
Zulia (2017). Pelatihan
Kewirausahaan Ibu-ibu rumah
Tangga pada Kelurahan Sri
Meranti Kecamatan Rumbai
Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal
Dinamisia. Vol 1 No.1 hal. 145-
Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan
Orang Dewasa. Jurnal
Kependidikan Vol.1 No1 hal. 1-11.
Supenti, Sholih, Faturrohman Nandang.
(2019). Penerapan Pendekatan
Pendidikan Orang Dewasa Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar
Jama'ah Majelis Taklim Roudotul
Muktasidin Di Desa
Muncangkopong Kecamatan
Cikulur Kabupaten Lebak-Banten.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar
Sekolah. Vol. 4 No 1 Hlm. 71 – 80.
Wahono , Niswatul Imsiyah , Aris
Setiawan (2020). Andragogi:
Paradigma Pembelajaran Orang
Dewasa Pada Era Literasi Digital.
Proceding Literasi Dalam
Pendidikan di Era Digital Untuk
Generasi Milenial. Hal 517-527.
Wibowo Suryo Hadi, Sutjipta Nyoman,
Windia Wayan I. (2018). Peranan
Penyuluh Pertanian Lapangan
(PPL) sebagai Fasilitator dalam
Penggunaan Metode Belajar
Pendidikan Orang Dewasa
(Andragogi). Jurnal Agrobisnis
dan Argowisata. Vol.7 No.1 hal.
-30.
Danial Adang, Herwina Wiwin, Mumu,
Novitasar Nastiti. (2021).
Program Kecakapan Wirausaha
Sebagai Alternatif Pendidikan
Keterampilan Dalam Menjaga
Kestabilan Pangan Keluarga.
Jurnal Abdimas Siliwangi. Vol4.
No.1. hal 121-128