ANALISIS PENGELOLAAN PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN UNTUK REMAJA PUTRI DIDESA PASIR JAYA CIGOMBONG KB.BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v5i1.6689Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi pelatihan Tata Rias Pengantin bagi remaja putri di Desa Pasir Jaya Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif data dikumpulkan melalui wawancara, observasi di Desa Pasir Jawa Rt03/06 Berdasarkan data diatas dengan sampel 15 responden perempuan dalam rentang usia 18 sampai dengan 19 tahun dapat kita ketahui sebagian besar remaja putri warga Desa Pasir Jaya Kecamatan Cigombong bekerja dan juga aktif sebagai Mahasiswa dengan Latar belakang pendidikan rata-rata sekolah menengah atas. Hasil penelitian perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi aspek perencanaan yaitu kombinasi pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan karakteristik sosial yang membantu seseorang melakukan pekerjaan mereka dengan cara menciptakan nilai ekonomi atau bisa disebut human capital pengorganisasian pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor. Evaluasi program pelatihan diharapkan dapat memberikan bekal terhadap berbagai macam tren makeup keterampilan dan kreativitas remaja putri sehingga pelatihan Tata Rias memiliki ciri khas dan identitas khusus yang sedang berkembang sesuai dengan pasar saat ini dalam berbekal serta meningkatkan kecakapan hidup yang dimilikinya
Referensi
Cucu Sukmana, dkk (2013). Analisis Mutu Kursus, Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan, hlm.9.
Dedi Mulyana,(2004). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosdakarya, hlm.180.
Erwin Rifal Fauzi dan Novi Widiastuti, "Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa
Irham Fahmi, Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta, 2014, hlm. 2.
Kurniadin, D., & Machali, I. (2009). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Safitri Ani, S.Pd (2015), Pengelolaan In House Training Jurnaistik untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan Humas (Studi tentang Kompetensi Jurnalistik Kerjasama PT. Pertamina EP Asset 5 dengan TEMPO Insitute).
Saleh Marzuki, (2012) .Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi), Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm.178.
Sudjana D (2010). Manajemen Program Pendidikan : Untuk Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Falah Production, hlm.17.
Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, & Pemberdayaan Masyarakat). Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.