Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Bermain di Desa Pasir Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor

Penulis

  • Lutfi Nurul Umamah
  • Ani Safitri Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v5i2.6720

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris anak di desa Jasir Jaya yang masih rendah tingkat kemampuannya dalam bahasa Inggris, dikarenakan kurangnya stimulasi pembelajaran baik di sekolah formal, non formal ataupun informal. Aspek kemampuan yang ditingkatkan dalam mengenalkan kosakata bahasa inggris ini ialah dalam perbendaharaan kata, pelafalan kata serta medengarkan (listening). Responden penelitian ini berjumlah 10 orang anak dengan range usia 8-10 tahun yang bertempat di Kp. Pasir Jawa Rt 03/06 desa Pasir Jawa kecamatan Cigombong kabupaten Bogor. Hasil dari penelitian ini meunjukan bahwa pendekatan pembelajaran melalui bermain efektif untuk mengenalkan kosakata anak. Hal ini berdasarkan hasil pengumpulan data dari instrument wawancara, observasi, dokumentasi dan tes yang menunjukan adanya peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan pengamatan pada presiklus diketahui hanya 10% dari 10 responden yang memiliki pengetahuan terhadap kata bahasa Inggris baik perbendaharaan kata, pelafalan (pronounciation) maupun mendengarkan (listening) kemudian meningkat 73% pada siklus pertama yaitu dengan rata rata hasil skor 83% dan terus meningkat pada siklus II 9% dengan rata rata hasil skor 91,6%. Dalam melakukan kegiatan ini responden menujukan respon positif serta antusiasme yang tinggi.

Kata Kunci: Bemain, Bahasa Inggris, Kosakata

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Umamah, L. N., & Safitri, A. (2022). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Bermain di Desa Pasir Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 69–81. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v5i2.6720