PERAN TUTOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C SKB KOTA MEDAN DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Romiani Sibarani Universitas Negeri Medan
  • Friska Indria Nora Harahap Pendidikan Masyarakat, FIP, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v6i1.6987

Abstrak

Proses pembelajaran pada pendidikan kesetaraan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik sehingga dibutuhkannya peran tutor dalam mendukung keberhasilan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu peran tutor dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik terkhusus pada pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Medan. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data terkait dengan penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan pamong di SKB Kota Medan, menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka saat pandemi covid-19 berbeda dengan kondisi pada saat normal. Minat belajar peserta didik khususnya pada program kesetaraan paket C tegolong rendah karena banyaknya warga belajar yang lebih fokus ke karir dari pada ke pendidikan, sehingga dalam mengikuti kelas banyak yang tidak hadir oleh karena pembelajaran di kelas tidak efektif.

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Sibarani, R., & Indria Nora Harahap, F. (2023). PERAN TUTOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C SKB KOTA MEDAN DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v6i1.6987