STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM KOMUNITAS BELAJAR (Studi Pada Kelompok Anak Jalanan)

Penulis

  • Ari Putra Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Suci Rahma Dewi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v6i1.8966

Abstrak

Proses pembelajaran pada pendidikan kesetaraan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik sehingga dibutuhkannya peran tutor dalam mendukung keberhasilan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu peran tutor dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik terkhusus pada pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Medan. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data terkait dengan penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan pamong di SKB Kota Medan, menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka saat pandemi covid-19 berbeda dengan kondisi pada saat normal. Minat belajar peserta didik khususnya pada program kesetaraan paket C tegolong rendah karena banyaknya warga belajar yang lebih fokus ke karir dari pada ke pendidikan, sehingga dalam mengikuti kelas banyak yang tidak hadir oleh karena pembelajaran di kelas tidak efektif.

Referensi

Abidin,Yusra Kilun, 2017.

Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Otomotif https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40927

Nazma Nabila,Helmi Rustandi 2021

Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Program https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57580

Trinsawati,2019

Upaya Lembaga Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/nosarara/article/view/14373

Sapinah,Hamlifah,Kristiana Maryani,2021.

Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/parameter/article/view/25167Faridah

Faridah Nurul Hakim,Dwi Fikry Al-Ghifary,Ridwan Rustandi,2022.

Optimalisasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menurunkan Angka Putus Sekolah

https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1282

Herlianto,2014.

Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Pelatihan Musik

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/36/article/view/7610

Efrita Soviyanti,2017.

Peningkatan Minat Berwirausaha Bagi Remaja Putus Sekolah

https://www.ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/165

Marza Noor Ramadhania,Ivan Hanafi,Jenny Sista Siregar,2019.

Efektivitas Program Pelatihan Bidang Tata Rias Pengantin Pada Remaja Putus Sekolah

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jptv/article/view/8251

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Putra, A., & Rahma Dewi, S. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM KOMUNITAS BELAJAR (Studi Pada Kelompok Anak Jalanan). Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v6i1.8966