About the Journal

Focus and Scope

Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam mempunyai fokus dalam kajian pendidikan Islam, dengan scope sebagai berikut:

  • Dasar-dasar pendidikan Islam (filsafat, sejarah dan ciri pendidikan Islam),
  • Pengembangan lembaga pendidikan Islam (pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, media pembelajaran, guru dalam pendidikan Islam dan lainnya)
  • Kajian tentang konsep pendidikan Islam (tokoh pendidikan terkemuka, nash Quran sunnah mengenai pendidikan, dan lain-lain).
  • Asesmen Pendidikan Islam
  • Teknologi Pembelajaran Islam
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Pendidikan Karakter (adab) dalam Islam

Peer Review Process

Kebijakan review oleh Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam sebagai berikut:

  • Setiap makalah yang disampaikan akan ditinjau oleh dua reviewer.
  • Proses peninjauan menggunakan Double-blind Review, yang mana reviewer tidak tahu identitas penulis, dan sebaliknya penulis tidak tahu identitas reviewer.
  • Dalam proses peninjauan, reviewer mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga mempertimbangkan kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam makalah.

Tanggapan dari mitra bestari akan menjadi pertimbangan bagi Editor untuk memutuskan:

  • Terima kiriman
  • Diperlukan revisi
  • Kirim ulang untuk ditinjau
  • Kirim ulang ke tempat lain
  • Tolak pengiriman

Sebuah artikel ditolak untuk publikasi karena berbagai pertimbangan, termasuk:

  • Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal.
  • Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan ilmiah atau petunjuk penulisan.
  • Kesalahan metodologis mendasar.
  • Penulis menolak melakukan perbaikan atas saran yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar logis.
  • Ada indikasi plagiarisme

Publication Frequency

Tadibuna terbit 6 kali dalam setahun setiap Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, December

Author Fee

Article Publication: 2000000.00 (IDR)
Jika artikel diterima dan lolos seleksi untuk dipublikasikan, Anda akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel.

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Journal History

Tadibuna Jurnal Pendidikan Islam terakhreditasi sejak Volume 6 No 1 tahun 2017. Mulai 2021, Tadibuna terbit 4 kali dalam setahun, setelah sebelumnya hanya 2 kali dalam setahun. Mulai 2023, terbit 6 kali dalam setahun, Tahun 2024 Tadibuna Reakreditasi dari Sinta peringkat 3 naik ke Sinta peringkat 2 mulai dari Volume 13 No 6. dan pada 2025 Volume 14 No 3 seluruh artikel yang dipublikasi Ta'dibuna menggunakan Bahasa Inggris