Metode pengajaran Ekonomi Syariah berdasarkan kandungan Surat al-Baqarah ayat 275-280

Authors

  • Samsul Basri Universitas Haleuleo
  • Bunasor Samin Institut Pertanian Bogor
  • Irfan Syauqi Beik Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1367

Keywords:

Ekonomi, Kurikulum, Metode, Pendidikan, Pengajaran, Syariah.

Abstract

Ekonomi Syariah merupakan ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara Islam, yaitu berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Tujuan pendidikannya adalah agar supaya aktivitas ekonomi yang dijalankan mendapatkan al-falah di dunia dan di akhirat. Di dunia berupa hayaatan thayyiban (makmur dan sejahtera) dan di akhirat selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga. Pencapaian tujuan pendidikan ekonomi syariah membutuhkan proses tahapan yang terencana, terarah dan teratur. Salah satu faktor keberhasilan pendidikan yang harus diperhatikan dan juga merupakan salah satu komponen kurikulum adalah metode pengajaran. Metode pengajaran yang terbaik adalah metode Qur’aniyah yaitu metode pengajaran yang dikaji dari ayat-ayat Qur’aniyah. Al-Qur’an adalah hudan (petunjuk). Maksudnya petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini agar terbebas dari kekeliruan, kesalahan dan kesesatan. Termasuk petunjuk bagi pakar pendidikan dalam menyusun dan merumuskan metode pendidikan ekonomi syariah. Karena kandungan enam ayat surat al-Baqarah ayat 275 sd 280 dapat dijadikan landasan sistem ekonomi syariah, menurut pakar ekonomi syariah. Maka dengan menganalisis kandungan enam ayat tersebut melalui kitab-kitab tafsir para mufassir, dan juga telaah beberapa buku serta jurnal berkenaan dengan metode pengajaran ekonomi syariah ditemukan tujuh metode pengajaran ekonomi syariah berdasarkan kandungan enam ayat tersebut. Adapun ketujuh metode pengajaran ekonomi syariah berdasarkan surat al-Baqarah ayat 275 sd 280, yaitu : Metode Amtsal, Metode Targhib-Tarhib, Ibrah, Uswah Hasanah, Metode Pembiasaan, Metode Dialog Seruan, dan Metode Pendidikan Politik.

References

al-Arabiy, I. (no date) ‘Abu Bakar Muhammad bin Abdillah. Ahkamul Qur’an’, in. Libanon.

Al-Jaziiri, A. (2003) Al-Fiqhu ‘Ala Al-Madzaahibi Al-Arba’ati. Jilid.2. Berut: Darul Kutub Al-‘Ilmiyah.

Ar-Rifai, M. N. (2009) Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 1. Depok: Gema Insani.

As-Sa’di, A. bin N. (2012) Tafsir Al-Qur’an Surat Ar-Ra’du s/d Al-Hajj. Jakarta: Pustaka Sahifa.

Ash-Shaawi, S. dan A.-M. and Abdullah (2008) Fikih Ekonomi Keuangan Islam. Jakarta: Cet-2.

At-Tariqi, A. A. H. (2004) Ekonomi Islam Prinsip, Dasar dan Tujuan. Yogyakarta: Magistra Insania Press.

Az-Zuhaili, W. (1998) at-Tafsîr al-Munîr fi al-‘Aqîdah wa asy-Syarî’ah wa al-Manhaj. Damaskus: Dâr al-Fikr.

Beik, I. S. (2015) ‘Evaluasi Program Pengentasan Kemiskinan Menggunakan Metode Rappoverty’, Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 6, p. 2.

Hafidhuddin, D. (2006) ‘Zakat Sebagai Tiang Utama ekonomi Syariah’, in Makalah disampaikan pada acara Seminar Bulanan Masyarakat ekonomi Syariah,(Jakarta, Aula bank Mandiri Tower, 2006).

Hamka (2005) Tafsir Al-Azhar. Jakarta.

Ibnu Katsir, I. bin U. 1401H (no date) . Tafsiru al-Qur’an al-Adzhim. Berut: Darul Fikri.

Marthon, S. sa’ad (2007) ‘Ekonomi Islamdi Tengah Krisis Ekonomi Global’. Jakarta Timur.

Mujahidin, E. (2014) ‘Metode Tahfidzh Al-Qur’an bagi Pelajar dan Mahasiswa’, Jurnal Ta’dibuna, 3, p. 1.

Nahlawi, A. and Abdurrahman (2004) Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Nata, A. (2005) Filasafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Tafsir, A. (2013) ‘Ilmu Pendidikan Islam, cet. 2’, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H. (2016) Mengapa Ekonomi Syariah Penting untuk Indonesia. Bogor: UIKA Press.

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

Basri, S., Samin, B., & Beik, I. S. (2018). Metode pengajaran Ekonomi Syariah berdasarkan kandungan Surat al-Baqarah ayat 275-280. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 173–193. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1367

Issue

Section

Artikel