Pengaruh penerapan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 05 Kota Bogor

Authors

  • Muhyani FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hikmah Khameilia FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noneng Siti Rosidah FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14210

Keywords:

metode snowball throwing, prestasi belajar, pendidikan agama Islam

Abstract

This study aims to determine the effect of applying the snowball throwing method to learning achievement in Islamic religious education at SMA Negeri 05 Bogor City. The research method used is the experimental method with the type of research using a quasi experiment in the form of a pre test post test control group design. The results of this study indicate that there is a significant effect on student achievement in PAI learning after the snowball throwing method is implemented in class. Based on the hypothesis test using the Mann Whitney-U test, the post test average value of the two classes was 88.13> 70.67 which was superior to the experimental class compared to the control class. There are several suggestions that can be used from this study as considerations in applying the snowball throwing method to improve student achievement. Thus, in the future the snowball throwing method can be a solution as an alternative to PAI learning.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode snowball throwing terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 05 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dalam bentuk desain pre test post test control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI setelah diterapkannya metode di kelas. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney-u test diperoleh nilai rata-rata post test kedua kelas tersebut 88,13>70,67 yang lebih unggul pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Ada beberapa saran yang bisa dipakai dari penelitian ini sebagai pertimbangan dalam menerapkan metode snowball throwing untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian, metode snowball throwing ke depannya dapat menjadi solusi sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.

References

Arina, S. (2020). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi PAI Menggunakan Metode Snowball throwing Pada Kelas III, 1(2), 115–121.

Hapsari, R. P., Roosyanti, A., & Suprihatien. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Energi Pada Siswa Kelas III SDN Asemrowo Surabaya, 3(1), 1–9.

Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball throwing Terhadap Hasil Belajar IPA DI Sekolah Dasar. Muallimuna, 5(1), 23–32. https://doi.org/DOI : 10.31602/muallimuna.v5i1.2253

Masruroh, I., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2019). Pengaruh Model Snowball throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA, 4(2).

Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian: Cara Mudah Melakukan Penelitian (1st ed.). Bogor. Indonesia: UIKA Press.

Muhyani, & Setiadi, H. (2020). Peran Orang Tua dan Guru Dalam Kesadaran Beragama dan Pembelajaran dengan Pemanfatan Media Sosial. Al-Tazkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 17–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6310

Muhyani, Yusup, A. H., & Yono. (2022). Hubungan Peran Guru PAI dengan Kesehatan Mental Siswa di SMK Negeri 1 Cibinong Selama Covid-19. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 296–279. https://doi.org/DOI: 10.30868/ei.v11i02.236

Mulyani, Y., Hidayat, Y., Hidayat, Y., & Yudiyanto, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa, 8(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.6365106

Ningsih, M. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Belajar (Studi Pada Muatan Pelajaran IPS di Kelas V SD Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam), 11(2), 251–264.

Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia, 3(1).

Putra, R., Ade, H., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Model Snowball throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 426–433. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2

Safitri, I., Karimah, Sulistri, E., & Marhayani, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar, 4(1), 217–226.

Sipayung, R. M., Purba, N. A., & Siregar, J. (2022). Pengaruh Model Snowball throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 121309 Pematang Siantar, 4, 3714–3725.

Siregar, N., & Siregar, N. F. (2020). Pengaruh Metode Snowball throwing Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 4 Padangsidimpuan. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 8(2), 213-222.

Sitompul, L. R., Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Basicedu, 6(1), 1311–1323. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2152

Susana, P. H. (2022). Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Biologi Melalui Visual Activities Learning Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Kelas Ximipa-2 Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Bontang, Kota Bontang Pada Tahun Pelajaran 2019/2020, V, 12.

Syafrin, Y., Kamal, M., Husni, A., & Bukittinggi, N. I. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(1), 72–77.

Wulandari, R. (2023). Pengaruh Metode Snowball throwing Dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa, 2(1), 1–9.

Yampap, U., & Kaligis, D. A. (2022). Penerapan Metode Snowball throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, 3, 125–134.

Yitu, A. M., Pawe, Y. M., Ndana, M. Y., Wea, H. A., & Lawe, Y. U. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD, 2023, 73–81.

Zaedun. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 2 Labuapi, 6(1), 78–84.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Muhyani, Khameilia, H., & Rosidah, N. S. (2023). Pengaruh penerapan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 05 Kota Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 272–284. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14210

Issue

Section

Artikel