Refleksi pemikiran Muhammad Abduh dalam pembaruan pendidikan Islam

Authors

  • M Faishal Khoirurrijal Universitas IslamNegeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Rahim Karim Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Arifuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Ishom Fuadi Fikri Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14337

Keywords:

Muhammad Abduh, Pendidikan Islam, Religius, Rasional

Abstract

Muhammad Abduh is a Muslim scholar from Egypt who had a great influence on the world of Islamic education. This research aims to: 1) examine Muhammad Abduh's thoughts on Islamic education reform; and 2) classify them within the framework of Jawwad Ridha's Islamic education philosophy. This research is descriptive qualitative literature research. The method used is the character study research method. The research data were obtained from Muhammad Abduh's works and the works of other related authors. In analyzing the existing data, the interpretation method is taken, which is an effort to achieve a correct understanding of the data and facts. The results of this study indicate that: 1) Muhammad Abduh's thought seeks to improve Islamic education by reforming the goals, systems, methods, and curriculum of Islamic education in a more rational, modern, and open direction; and 2) Muhammad Abduh's Islamic education thought belongs to the religious-rational school because his big idea seeks to combine Islamic education oriented towards salvation in the hereafter and general education oriented towards world success.

 

Abstrak

Muhammad Abduh merupakan cendekiawan muslim dari Mesir yang memiliki pengaruh besar dalam dunia pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menelaah pemikiran Muhammad Abduh tentang pembaruan pendidikan Islam; dan 2) mengklasifikasikannya ke dalam kerangka aliran filsafat pendidikan Islam Jawwad Ridha. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan jenis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian studi tokoh. Data penelitian diperoleh dari karya-karya Muhammad Abduh dan karya-karya penulis lain yang terkait. Dalam menganalisis data yang ada, ditempuh metode interpretasi yaitu upaya untuk mencapai pemahaman yang benar terhadap data dan fakta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pemikiran Muhammad Abduh berupaya untuk memperbaiki pendidikan Islam dengan mereformasi tujuan, sistem, metode, dan kurikulum pendidikan Islam ke arah yang lebih rasional, modern, dan terbuka; dan 2) pemikiran pendidikan Islam Muhammad Abduh termasuk ke dalam aliran religius-rasional karena gagasan besarnya berupaya untuk memadukan antara pendidikan Islam yang berorientasi pada keselamatan akhirat dan pendidikan umum yang berorientasi pada kesuksesan dunia.

References

Abduh, M. (t.t.). Mudhakkirāt al-Imām Muḥammad ‘Abduh. Dar Al-Hilal.

Abduh, M. (1993). Al-A’mal Al-Kamilah li Al-Imam Al-Syaikh Muhammad Abduh Juz 3 (M. Imarah, Ed.). Dar Al-Syauq.

Abduh, M. (2011). Al-Islam bain Al-’Ilm wa Al-Madaniyah. Kalimat Arabia.

Al-Shirbashti, A., & Ridha, M. R. (t.t.). Sahih Al-Manar. Lajnat al-Ta‘rif al-Islam.

Arief, A. (2007). Reformasi Pendidikan Islam. CRSD Press.

Arwen, D., & Kurniyati, E. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1 (1), 20–26. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i1.1492

Asifa, F. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, 15 (1), 88–98.

Aziz, A. A. (2009). Pembaharuan Teologi Perspektif Modernisme Muhammad Abduh dan Neo Modernisme Fazlur Rahman. Teras.

Bakar, M. Y. A. (2015). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 1 (1), 99–123.

Fuad, A. Z. (2014). Taksonomi Transenden (Paradigma Baru Tujuan Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1), 1–25.

Ismail, S. (2010). Pelopor Pendidikan Islam Paling Berpengaruh. Pustaka Al-Kautsar.

Maqsud, M. F. A. (t.t.). Al-Fikr Al-Tarbawi li Al-Ustadz Al-Imam Muhammad Abduh. Kotob Arabia.

Nasution, H. (1987). Muhammadi Abduhi dani Teologii Rasionali Mu’tazilah. UI-Press.

Pasha, M. K., & Darban, A. A. (2009). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam. Pustaka SM.

Pohan, I. S. (2019). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. WAHANA INOVASI, 8 (1).

Prasetya, J. (2019). Konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam Modern. Kordinat, xviii (2).

Ramayulis, & Nizar, S. (2006). Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ridha, M. J. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis (Terjemah Mahmud Arif, Ed.). Tiara Wacana.

Ridha, M. R. (1931). Tārīkh al-Ustādh al-Imām al-Syaikh Muḥammad ‘Abduh. Al-Manar.

Rohman, F. (2016). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. RAUDHAH, IV (1).

Rusydiyah, E. F. (2019). Aliran dan Paradigma Pemikiran pendidikan Agama Islam Kontemporer. Dalam Aliran dan Paradigma Pemikiran pendidikan Agama Islam Kontemporer. UIN Sunan Ampel Press.

Sanusi, A. (1954). Sejarah Umum. Visser.

Shihab, Q. (1994). Studi Kritis Tafsir al-Manar. Pustaka Hidayah.

Suhaimi. (2015). Muhammad Abduh Dan Ijtihadnya Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol 5, No 1, 187–188.

Suwarno. (2019). Kejayaan Peradaban Islam dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 20 (2), 165. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.5105

Qudsi, S. (2016). Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh dan Proses Modernisasi Pesantren di Indonesia. DIROSAT Journal of Islamic Studies, 01, 14.

Wahyudi, W. E., Jauhari, I., Halim, Abd., Bahri, S., Mashuri, S., & Yenuri, A. A. (2018). Diskursus Filsafat Barat dan Islam; Dari Pertarungan Gagasan sampai Perebutan Makna dan Arah Pendidikan (Moh. I. Jauhari, Ed.). Mitra Karya.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

M Faishal Khoirurrijal, Abdul Rahim Karim, Arifuddin, & Ishom Fuadi Fikri. (2023). Refleksi pemikiran Muhammad Abduh dalam pembaruan pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 334–349. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14337

Issue

Section

Artikel