Model pembelajaran Al-Zarnuji dalam mengantisipasi penyimpangan moral generasi milenial

Authors

  • Sapiudin Shidiq Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i6.15214

Keywords:

Keywords: Learning Model, al-Zarnuji and Learning Model, al-Zarnuji and Millennial moral behavior

Abstract

This research aims to find al-Zarnuji's learning model. The methodology used is qualitative method. with a library research type of research. Research carried out by collecting information and data with help of various sources obtained in the library such as reference books, results of previous similar research, articles, notes, and various journals related to the problem you want to solve. The research results showed that moral deviation still occurs among millennial students and the learning model developed by al-Zarnuji is learning that activates students based on moral values. This model can be used as an alternative by modern education to overcome the moral deviations faced by millennial students. Values that can be developed in learning include students having to respect knowledge and teachers, be humble and pray a lot, put their trust in each other and have a lot of deliberation.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran al-Zarnuji. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam sumber yang diperoleh di perpustakaan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Diperoleh hasil penelitian, bahwa penyimpangan moral masih terjadi di kalangan peserta didik milenial dan Model pembelajaran yang dikembangkan oleh al-Zarnuji adalah mengaktifkan siswa yang berbasis nilai moral. Model ini dapat dijadikan alternatif oleh pendidikan modern untuk mengatasi penyimpangan moral yang dihadapi oleh peserta didik milenial. Nilai yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran antara lain adalah peserta didik harus memuliakan ilmu dan guru, bersifat wara’ dan banyak berdoa, bertawakal dan banyak bermusyawarah.

References

Abdurrahman, A. (2022). Konsep Pendidikan Al-Zarnuji: Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 1(01), 1–12.

Akhwani. (1976). Ahmad Fuad al-, al-Tarbiyah fi al-Islam. Mesir: Dar Al-Maarif.

Bruce, J., & Weil, M. (2000). Models Of Teaching. Boston: Sixth Edition.

Kustiawan, W., Hakim, F., Siagian, A. P., Syahputra, A., Hasibuan, R. L., Hasibuan, S. F., … Wahyudi, I. D. (2022). Karakteristik dan Moralitas pada Generasi Milenial (Era Digital) di Lingkungan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UINSU. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali dan Listrik, 3(1), 25–29.

Langgulung, H. (1989). Manusia Dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Masrukhi, M. (2019). Tantangan Pembelajaran Nilai Moral di Era Milenial. EDUSAINTEK, 3(0). Diambil dari https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/217

Nahlawi, A. al-. (1979). Ushûl al-Tarbiyah al-Islâmiyah, cetakan ke-2. Damaskus: Dar al-Fikr.

Najati, U. (2008). The Ultimate Psychology. Bandung: Pustaka Hidayah.

Nasution, A. Y., & Jazuli, M. (2020). Menangkal Degradasi Moral di era Digital bagi kalangan Milenial. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 79–84.

Nata, A. (2011). Persepektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, cetakan ke-2. Jakarta: Prenada Media Group.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.

Sobry, M. (2022). Tahapan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Menurut Al-Zarnuji: Kajian Literatur. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3).

Supriatna, I. (2019). Tantangan Pendidikan di Era Millenial. Diambil 29 November 2023, dari Takanta | Suara Kenangan website: https://www.takanta.id/2019/05/tantangan-pendidikan-di-era-millenial.html

Suryabrata, S. (1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Syaibany, O. M. T. al-. (1979). Falsafah al-Tarbiyah al-Islâmiyah (Falsafah Pendidikan Islam. Terj. Hasan Langgulung.

Syantanawi, A. (tt). Dairat al-Maarif al-Islamiyah. Dar al-Fikr.

Taufikurrahman, T. (2022). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. AL-ALLAM, 3(1), 26–33.

Usman, S. A. (tt). Min A’lam al-Tarbiyah al-Islamiyah. Maktabah Al- Tarbiyyah Al-Arabi.

Wahyuddin, W. (2019). Konsep Pendidikan Al-gazali dan Al-zarnuji. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 17(1), 549–561.

Yulaelawati, E. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.

Zarnuji, B. al-Islam al-. (tt). Ta’lim al-Mutaallim. Surabaya: Maktabah Muhammad Bin Ahmad Nabhan wa Auladihi.

Zarnuji, B. A.-. (2005). Ta’lîm al-Muta’allim. Surabaya: Mutiara ilmu.

Zuhairini. (1980). Methodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Shidiq, S. (2023). Model pembelajaran Al-Zarnuji dalam mengantisipasi penyimpangan moral generasi milenial . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(6), 520–534. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i6.15214

Issue

Section

Artikel