Analisis kelayakan kegrafikan pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Andry Syahrul Prayoga Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Rizki Dwi Natasya Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Mokhamad Syaifudin Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i4.16496

Keywords:

Buku Ajar, Efektifitas Pembelajaran , Kelayakan Kegrafikan

Abstract

This study analyzes the feasibility of graphics in Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti textbooks for class VIII of the 2021 edition from various aspects such as visual design, layout use of images, graphics, and other graphic elements. This research used a descriptive qualitative approach with a case study type. The primary data source is the 2021 edition of the Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti textbook for junior high school class VIII. Data collection techniques were carried out through observation and visual analysis of the book. The results of this study show that the textbook needs to be improved in the graphic aspect. Excessive or irrelevant graphics can make students focus on visuals rather than content. Excessive visual decoration interferes with learning, and complicated or inappropriate graphics can confuse students or reduce interest. Low-quality graphics also reduce the effectiveness of the book. Therefore, it is essential for authors and publishers to carefully select and arrange graphic elements to support learning and ensure graphic quality based on BNSP.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan kegrafikan pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas VIII edisi 2021 yang dianalisis dari berbagai aspek seperti desain visual, layout, penggunaan gambar, grafik, dan elemen-elemen grafis lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Sumber data utamanya adalah buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP kelas VIII edisi 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan analisis visual terhadap buku tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar tersebut memiliki kekurangan dalam aspek grafis. Grafis yang berlebihan atau tidak relevan bisa membuat siswa fokus pada visual daripada konten. Dekorasi visual yang berlebihan mengganggu pembelajaran, dan grafis yang rumit atau tidak sesuai dapat membingungkan siswa atau mengurangi minat. Kualitas grafis yang rendah juga menurunkan efektivitas buku. Oleh karena itu, penting bagi penulis dan penerbit untuk memilih dan menyusun elemen grafis dengan cermat agar mendukung pembelajaran dan memastikan kualitas grafis berdasarkan BSNP.

References

Anggita, E. A., & Akbarjono, A. (2022). Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Smp Penulis Muhammad Ahsan, Sumiyati, Dan Mustahdi. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2, 203–213. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/580%0Ahttps://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/download/580/441

Asrianti, P. U., Supriadi, U., & Anwar, S. (2024). Studi Kritis: Pembelajaran Toleransi dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 9(1), 27. https://doi.org/10.28926/briliant.v9i1.1850

Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daroini, S. (2022). Studi Kelayakan Buku Ajar Bahasa Arab Berdasarkan Standar BSNP. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.4870

Bahy, M. B. A., & Taufiq, M. A. (2022). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Perspektif Amani dan Awatif. Taqdir, 7(2), 245–256. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i2.10175

Fidrayani, M. P. (2022). Analisis Kelayakan Isi, Bahasa, Penyajian, dan Kegrafikaan Buku Metode Matin dalam Pengenalan Membaca Permulaan pada Anak TK Elfash. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Kafahidien, A., Hasyim Fanirin, M., & Fitri, A. A. (2023). Telaah Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas Vi Karya a. Syaekhudin. Seroja, 3(2008). http://jurnal.anfa.co.id

Karim, A. A., Mujtaba, S., & Hartati, D. (2023). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Cerita Rakyat Karawang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di Smp Al Muhajirin Tegalwaru. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 47. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i1.8770

Kolintama, C. M., & Iman, M. N. (2022). Telaah Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas X Berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 1(1), 74. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i1.5994

Madani, F. S., Utami, D., & Humaeroh, I. (2023). Telaah Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Tematik Terpadu Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbitan Erlangga. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan …, 2(4), 449–463. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i4.1960

Manurung, E. B., Warneri, & Syamsuri. (2021). Analisis Tingkat Kelayakan Buku Teks Ekonomi Yang Digunakan Oleh Guru Di Kelas X SMA NEGERI 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(12), 1–10.

Mappiara, Z. A., Arif, M., & Munirah. (2020). Analisis Bahan Ajar dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Jurnal Pendais, 2(1), 1–13. https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/654

Marsela, J., Kusriyah, M., Danil, M., Gadink, M., Mukhlis, M., & Riau, U. I. (2022). SAJAK. 1, 168–177.

Munandar, Aris M. (2023). Analisis Nilai-Nilai Multikultural Dalam Buku TeksPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK Terbitan Tahun 2021. Https://Ejournal.Sisfokomtek.Org/Index.Php/Saintek/Article/View/174, 5(2), 635–647. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/1744

Munfarida, A., & Fitri, A. Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 364–379. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5194

Nasikha, Ridlotun. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Analisis Buku Ajar PAI Kelas XI di SMA N I Balapulang. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 78–97. https://doi.org/10.62490/latahzan.v14i1.323

Ningtyas, H. A., & Rahmawati, L. E. (2023). Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan Bahan Ajar Teks Deskripsi di SMP Kelas VII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 06(1), 52–71.

Noperi, H., Sarwanto, S., & Aminah, N. S. (2021). Pengembangan Modul Ilustratif Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Pendidikan Karakter. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(2), 70–81. https://doi.org/10.31539/spej.v4i2.2392

Nur, P., Hidayanti, Y., Taufiq, A., & Maturedy, F. (2021). Analisis Buku Bahasa Arab Tingkat MPDM Muhammadiyah. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 13(2), 153–169.

Opi Rahmah Hidayat, N Rahma, Y. S. N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berintegrasi Islam Untuk Siswa Smp Dan Mts. Inovasi Pendidikan, 10(1), 62–70. https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4487

Pradana, F. I. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(2), 233–262. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3997

Pratiwi, U. R., & Widyaningrum, T. (2021). Analisis kualitas dan efektivitas pemanfaatan buku ajar biologi SMA kelas x semester 1. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(2), 164–177. https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2271

Pudjiani, T., & Mustakim, B. (2021a). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII. In S. Alam, K. Khoerudin, & M. D. Aufa (Eds.), Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan (Cetakan Pe). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id

Pudjiani, T., & Mustakim, B. (2021b). Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VIII.

Putri, A. S., Hafifah, A. W., Febriani, A. E., Putra, B. A., Mukhlis, M., & Riau, U. I. (2022). SAJAK. 1(1), 148–155.

Qutsiyah, D. A., Asy’ari, H., Fadhillah, F., Sirojuddin, A., & Nasucha, J. A. (2023). Analisis Materi Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII Perspektif Hots. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 145–157. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.287

Rahma, A. N., Nurajizah, & Setiabudi, D. I. (2021). Analisis Kelayakan Buku Ajar Tartil Karya Chudori Ahmad Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 26–29. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.298

Santoso, E. (2022). Agama Islam Dan Budi Pekerti Sd Kelas I Karya Muhammad Nurzakun Dan Joko Santoso Tahun 2021. 1(1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11173/8597

Sittariandani, R., & Rahmawati, F. P. (2022). Kelayakan Buku Bahan Belajar Daring (BBD) Kelas I Jilid 2 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6272–6280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3222

Sulistyorini, S. (2023). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Pai Berbasis Literasi Dalam Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 318–342. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.318-342

Sulistyowati, P., Wahidiyah, D. M. N., & Setiawan, D. A. (2019). Membangun Karakter Nasionalisme Melalui Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia pada Materi Tokoh-tokoh Proklamasi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 32–37. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i1.3392

Wardatuldiniah, A., & Rahim, A. (2022). Studi Kelayakan Isi Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Dari Kementrian Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and …, 8721, 237–254. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3614%0Ahttps://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/download/3614/2691

Wulansari, M. E. (2018). Analisis Materi Kebahasaan dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(6), 676–686.

Zarury, I., & Monia, F. A. (2024). Penerapan TTS ( Teka-Teki Silang ) Pada Buku Ajar Budi Pekerti Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 04 Kubang Putiah. 1, 34–38.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Prayoga, A. S., Natasya, R. D., & Syaifudin, M. (2024). Analisis kelayakan kegrafikan pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(4), 224–245. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i4.16496

Issue

Section

Artikel