Optimalisasi supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru: studi kasus di MAN Insan Cendekia Paser
DOI:
https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i6.18104Keywords:
Optimalisasi, Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogik GuruAbstract
This study aims to optimize the implementation of clinical supervision to improve teachers' pedagogical competence, particularly in the planning, implementing, and evaluating the learning process. This research uses a qualitative approach with a case study design. Data were collected through observations, in-depth interviews, and document analysis conducted at MAN Insan Cendekia Paser, East Kalimantan. The study found that optimizing clinical supervision through direct guidance, comprehensive evaluation, and constructive feedback significantly improves teachers' pedagogical competence. Teachers improved their ability to design learning that meets students' needs and manage classrooms effectively. The optimization of clinical supervision has been proven to enhance teachers' pedagogical competence at MAN Insan Cendekia Paser. These findings have important implications for professional development in other educational settings, particularly in improving the quality of teaching and learning.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen yang dilakukan di MAN Insan Cendekia Paser Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi supervisi klinis melalui bimbingan langsung, evaluasi menyeluruh, serta umpan balik konstruktif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru secara signifikan. Para guru menunjukkan peningkatan dalam kemampuan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan keterampilan dalam mengelola kelas secara efektif. Kesimpulan: Optimalisasi supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN Insan Cendekia Paser. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan profesional guru di lingkungan pendidikan lainnya, khususnya dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran.
References
Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi akademik dan supportive dalam pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3 (2), 884–894. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1177
Anisah, G., Gistituati, N., & Rusdinal. (2020). Analysis of factors affecting teacher’s productivity. Proceeding of 2nd International Conference Innovation in Education (ICOIE 2020).
Apriatama, D., Aisyah, I. N., AP, R. P., Widiati, S., & Safitri, E. (2021). Analisis motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19: Analysis of motivation and learning students participate in online learning during pandemic COVID-19. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 (2), 11–16. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2462
Azizah, N. (2021). Supervisi akademik sebagai usaha peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran daring di SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2 (2), 180–194. https://doi.org/10.51874/jips.v2i2.26
Faujiah, S., Syaifuddin, S., & Tambak, S. (2023). Fungsi dan urgensi supervisi pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3 (2), 1239–1247. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1367
Firdaus, A., & Sutarasih, C. (2020). Implementasi teknik supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17 (1), 1–12.
Firdiasih, T. (2021). Komunikasi efektif dalam pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala madrasah. Arfannur, 2 (1), 71–85. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.428
Jauhari, M. I., & Karyono, K. (2022). Teori humanistik Maslow dan kompetensi pedagogik. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5 (2), 250–265. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2585
Jihad, S. A., Syamsudduha, S., & Yahya, M. (2021). The influence of implementing non-formal supervision on teacher performance in sustainable professional development at state junior high schools of Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 9 (3), 506–515. https://doi.org/10.24252/jdi.v9i3.25627
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nasution, T., Syafaruddin, S., & Syukri, M. (2021). Implementation of clinical supervision in improving the quality of teacher performance at Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5 (6), 5583–5592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1719
Rejeki, S., & Srisulistiowati, D. B. (2021). Media digitalisasi pembelajaran jarak jauh menggunakan model blended learning di era pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 21 (4), 467–474.
Sulhawati, S. (2021). Improving teacher performance in classroom learning through periodic collaborative educational supervision. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 5 (2), 213–220. https://doi.org/10.29240/jsmp.v5i2.3442
Veloo, A., Komuji, M. M. A., & Khalid, R. (2013). The effects of clinical supervision on the teaching performance of secondary school teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 35–39.
Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi akademik dan kompetensi pedagogik sebagai determinan kinerja guru. Manajemen Pendidikan, 17 (1), 50–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.