Kritik metodologis Fakhruddîn al-Râzî atas pengkajian sains modern dan relevansinya dengan pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i1.18576Keywords:
metodologi, kritik, kajian sains, al-Râzî, pendidikan IslamAbstract
Modern science has given rise to atheistic and secular views due to its methodologies, which are considered contrary to the purpose of creation—to recognize Allah (ma'rifah Allah) as the Creator of all existence. This study examines Fakhruddîn al-Râzî’s methodological critique of modern scientific approaches and explores alternative methods aligned with Islamic epistemology. Using qualitative research with a library research approach, this study identifies several scientific methodologies proposed by al-Râzî, including al-nadlar, al-taammul, al-istidlal, al-qiyas, al-tadabbur, al-mujahadah, and al-riyâdhah ruhâniyah. These methods reflect al-Râzî’s empirical experience in understanding the universe. The findings highlight the need to reconstruct the study of science in Islamic education, particularly in Islamic universities, to ensure that scientific knowledge aligns with the Islamic worldview. This research provides an alternative methodological framework to counter the limitations of positivism and promote a holistic integration of science and spirituality.
Abstrak
Sains modern telah melahirkan pandangan ateistik dan sekuler akibat metodologinya yang dianggap bertentangan dengan tujuan penciptaan, yaitu mengenal Allah (ma’rifah Allah) sebagai Sang Pencipta. Penelitian ini mengkaji kritik metodologis Fakhruddîn al-Râzî terhadap metodologi kajian sains modern serta menawarkan alternatif metode yang sejalan dengan epistemologi Islam. Dengan pendekatan penelitian kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi beberapa metode kajian sains yang dikembangkan al-Râzî, seperti al-nadlar, al-taammul, al-istidlal, al-qiyas, al-tadabbur, al-mujahadah, dan al-riyâdhah ruhâniyah. Metode-metode ini mencerminkan pengalaman empiris al-Râzî dalam memahami alam semesta. Hasil penelitian ini menegaskan perlunya rekonstruksi metodologi studi sains dalam pendidikan Islam, khususnya di perguruan tinggi Islam, agar ilmu yang dikembangkan tetap selaras dengan pandangan dunia Islam. Penelitian ini menawarkan kerangka metodologi alternatif untuk mengatasi keterbatasan positivisme dan mengintegrasikan sains dengan spiritualitas secara holistik.
References
‘Abdul-Bâqí, M. F. (t.t.h.). Al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fâzh al-Qur’ân al-Karîm. CV Diponegoro.
Abdullah, A. (2007). Islamic studies dalam paradigma integrasi-interkoneksi. Suka Press.
Abdurrahman, D. (2009). Sejarah peradaban Islam: Dari masa klasik hingga modern (Cet. ke-3). LESFI.
al-Abrasyi, M. ‘A. (t.t.h.). al-Tarbiyah al-Islâmiyah wa falsafatuhâ. Isa al-Babil Halabi wa Syarakah.
al-Attas, S. M. N. (1987). Islam dan sekularisme (K. Djojosuwarn, Penerj.). Pustaka.
Al-Daher, S., Safi, A., & Kalo, A. O. (2020). Al-Râzî’s concept of place. Tishreen University Journal for Research and Scientific Studies. Retrieved from https://journal.tishreen.edu.sy/index.php/humlitr/article/view/10002
Al-Fairûz-âbâdî, M. Y. (1993). Al-Qâmûs al-Muhîth. Dar al-Hadîts.
Al-Farabi, A. N. (1996). Ihshâ-u al-‘Ulûm. Dâr wa Maktabah al-Hilâl.
Al-Ghazali, A. H. M. (1968). Ihya Ulumuddin. Dar al-Ma’rifah.
Al-Naqsyabandí, A. A. (1997). Jâmi’ al-Ushûl fi al-Awliyâ. Muassah al-Intisyar al-‘Arabi.
Al-Qaradhawi, Y. (1994). Al-Islam wa al-’Ilmaniyah, wajhan li wajhin. Mattab’ah Atsaniyah Dar- al-Shawah li al-Nasyr wa Tauzi’.
Al-Qaradhawi, Y. (2006). Islam dan sekularisme. Pustaka Setia.
Al-Râzî, F. (1968). Al-Mahshûl fi ‘Ilmil Ushûl. Dar al-Kutub al-Mishriyah.
Al-Râzî, F. (1343 H). Al-Mabâhits al-Masyriqiyah. Majlis Dairah al-Mâ’arif.
Al-Râzî, F. (1415 H). Syarh ‘Uyûn al-Hikmah. Mu’assasah al-Shadiq li al-Thiba’ah wa al-Nasyr.
Al-Râzî, F. (1429 H). Mafâtih al-Ghaib. Dâr Ihyâ al-Turâts al-‘Arabî.
Al-Râzî, F. (1984). ‘Ajâib al-Qur’ân. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Al-Râzî, F. (1987). Al-Mathâlib al-‘Aliyah. Dar al-Kitab al-‘Arabi.
Al-Râzî, F. (2004). Al-Firasah. Allam al-Kutub.
Al-Râzî, F. (t.t.h.). Kitâb al-Nafs wa al-Rûh wa Syarh Qawwâhumâ. Ma’had al-Ibhats al-Islamiyah.
al-Syaibani, ‘U. M. al-T. (1978). Falsafah al-Tarbiyah al-Islâmiyah (H. Langgulung, Penerj.). Bulan Bintang.
Al-Zarkân, M. S. (1963). al-Râzî wa arâuhu al-kalamiyah wa al-falsafiyah. Dar al-Fikr.
Azizi, M. A. B. (1999). Nazhariyah al-ma’rifah ‘inda al-Râzî min khilâl tafsîrihi. Dâr al-Fikr al-‘Arabi.
Bagus, L. (2002). Kamus filsafat. PT Gramedia Pustaka Utama.
Bell, P. (2001). Content analysis of visual images. In C. Jewitt & T. Van Leeuwen (Eds.), Handbook of visual analysis (pp. 10–34). Sage Publications.
Comte, A. (1858). The positive philosophy of Auguste Comte. Calvin Blanchard.
Daniel, N. (1979). The Arabs and mediaeval Europe (2nd ed.). Longman.
Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat umum: Dari mitologi sampai teofilosofi. Pustaka Setia.
Harding, S. (2008). Sciences from below: Feminisms, postcolonialities, and modernities. Duke University Press.
Hitti, P. K. (2010). History of the Arabs (10th ed.). Serambi Ilmu Sejahtera.
Kattsoff, L. O. (1953). Elements of philosophy. The Ronald Company.
Khoir, N. F. N., & Ghozali, G. (2023). al-Râzî and Sigmund Freud's perspectives on the concept of the human: A comparative analysis. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(2), 233–261.
Latour, B. (1991). We have never been modern. Harvard University Press.
Muhadjir, N. (2000). Postpositivisme realisme metafisik. In Antologi studi Islam (pp. 163–171). Sunan Kalijaga Press.
Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia (Cet. ke-14). Pustaka Progresif.
Nashr, S. H. (1996). Fakhr al-Din Râzî: A life, significance of thought, and works. In M. M. Sharif (Ed.), A history of Muslim philosophy (pp. 642–667). Otto Harrassowitz-Wiesbaden.
Perbakawatja, S. (1970). Pendidikan dalam alam Indonesia merdeka. Gunung Agung.
Qawqam, A. R. (2004). Al-Tafkîr al-falsafî laday al-Râzî wa naqduhu li al-falasifah wa al-mukallimîn. Universitas Aljazair.
Salim, M. M. (1990). Nazhariyah al-ma’rifah wa ma’alimiha laday al-Râzî. Fakultas Dirasat Islamiyah, Universitas al-Azhar.
Sansayto, T., & Fakhiroh, L. Z. (2018). Konsep ilmu menurut Fakhr al-Din al-Râzî. Kalimah: Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam, 16(2).
Sharma, R. S. (1987). Agnosticism. In E. Humphrey (Ed.), Encyclopedia International (Vol. 1). Lexicon, Inc.
Sudjana, N. (1991). Tuntutan penyusunan karya ilmiah: Makalah, skripsi, disertasi. Sinar Baru.
Surajiyo. (2007). Filsafat ilmu dan perkembangannya di Indonesia: Suatu pengantar. Bumi Aksara.
Thaqûs, M. S. (2009). Târîkh al-Daulah al-Abbâsiyah. Dâr al-Nafâis.
Turner, B. S. (1994). Sosiologi Islam: Suatu telaah analitis atas tesis sosiologi Weber (G. A. Ticoalu, Trans.). RajaGrafindo Persada.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (n.d.). Koleksi penelitian al-Râzî. Repositori UIN Jakarta. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/simple-search?query=+al-Râzî
Yahya, M. H., & Halimi, A. J. (1995). Sejarah Islam. Penerbit Fajar Bakti SDN. BHD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.