Sasaran strategis Balanced Scorecard untuk penjaminan mutu di Pondok Pesantren Modern Terpadu Riyadusshalihin Al-Izzah Serang
DOI:
https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8823Keywords:
Balanced Scorecard, Penjaminan Mutu, PesantrenAbstract
This article aims to determine the effectiveness of quality management of Islamic boarding schools using a balanced scorecard performance analysis, including four perspectives, customers, internal processes, learning and grounding, and finance at the Integrated Modern Islamic Boarding School of Riyadhusshalihin Al-Izzah Serang. This research uses the library research method or literature with a qualitative and descriptive approach. Based on the research that has been done, it is known that quality management at the Riyadhusshalihin Al-Izzah Serang Integrated Modern Islamic Boarding School, based on the balanced scorecard, is categorized as very good with a percentage of 90.51% because the measurements in the four perspectives are close to the expected target. After being measured by the balanced scorecard approach, the results obtained by the quality management of the Riyadhusshalihin Al-Izzah Serang Integrated Modern Islamic Boarding School are effective.
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dalam manajemen mutu Pondok Pesantren dengan menggunakan analisis kinerja balanced scorecard, di antaranya dengan menggunakan empat perspektif, pelanggan, proses internal, learning and grounding dan keuangan di Pondok Pesantren Modern Terpadu Riyadhusshalihin Al-Izzah Serang. Penelitian ini menggunakan metode library research atau kepustakaan dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa manajemen mutu di Pondok Pesantren Modern Terpadu Riyadhusshalihin Al-Izzah Serang berbasis balanced scorecard dikategorikan sangat baik dengan besaran persentase 90,51%. Karena pengukuran di empat perspektif mendekati target yang diharapkan. Setelah diukur dengan pendekatan balanced scorecard, maka hasil yang didapat manajemen mutu Pondok Pesantren Modern Terpadu Riyadhusshalihin Al-Izzah Serang bisa dikatakan efektif.
References
Alimudin, A. (2017). Analisis Pencapaian Strategi Menggunakan Balanced Scorecard (Vol. 5, Issue 2, pp. 194–205). https://doi.org/10.21009/JPEB.005.2.6
Alirafi, I. (2020). Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada Sekolah Pondok Pesantren Modern Bina Umat. PROFITA: Kajian Ilmu Akuntansi, 8(2). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/profita/article/view/16872
Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v7i2.1500
Arif Hakiem. (2021). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pesantren Afaada Boyolali. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 384–396. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.5057
Baro'ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Fadhillah, K. (2015). Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Pesantren (Studi di Pondok Modern Darussalam Gontor. At-Ta'dib: Journal of Pesantren Education, 10(1), 115–137. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i1.333
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Huda, F. I. H. (2022). Pembentukan Karakter Religius Berbasis Neurosains: Konstruksi Upaya Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 491–502. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11138
Ibrahim Alirafi. (2020). Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada Sekolah Pondok Pesantren Modern Bina Umat. PROFITA: Kajian Ilmu Akuntansi, 8(2).
Istiarsono, Z. (2022). Penerapan Balance Scorecard dalam Bidang Pendidikan: Kajian Teoretik. INâ„¡EGENSIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–9.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2001). The Strategy-Focused Organization: How balanced scorecard Companies Thrive in the New Business Environment. Harvard Business School Press.
Khunaifi, A. 'an Y., & Hanif, N. F. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Seberang. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 18–33. https://doi.org/10.2906/salimiya.v1i3.145
Kuswandi, A. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kepedulian Sosial Pada Siswa SMA Negeri 2 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(4).
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.623
Nabilah, N., & Abidin, M. (2022). Implementasi Balance Scorecard Perspektif Penjaminan Mutu Pendidikan Islam. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 363–376. https://doi.org/10.32478/evaluasi.
Nisa', K. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4). http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1061
Ramanda, R. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Media Kajian Bimbingan Konseling, 5(2), 121–135. http://dx.doi.org/10.22373/je.v5i2.5019
Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education-Manajemen Mutu Pendidikan. IRCisoD.
Siswanto. (2015). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 258–274. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.726
Suhardan, D. (2009). Manajemen pendidikan. Alfabeta.
Sulastri. (2022). Relevansi Filsafat Ilmu pada pembelajaran Pendidikan Islam berbasis Higher Order of Thinking Skill. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 100–111. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6614
Suparta, T. (2022). Hasil wawancara dan observasi bersama kepala sekolah Pondok Modern Terpadu Riyadusshalihin Al-Izzah Serang.
Suwandi. (2021). Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. JURNAL IDEAS: Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 7(3), 127–134. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400
Yanis, A. (2020). Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMU Negeri 1 Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu. Al Ihda' : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(2), 585–591. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.59
Zuniawan, A., Julyanto, O., Suryono, Y. B., & Ikatrinasari, Z. F. (2020). Implementasi Metode balanced scorecard Untuk Mengukur Kinerja di Perusahaan Engineering (Study Case PT. MSE). Journal Industrial Servicess, 5(2), 251–256. https://doi.org/10.36055/jiss.v5i2.8008