Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Fihi Ma Fihi dan Matsnawi karya Jalaluddin Rumi

Authors

  • Akmal Rizki Gunawan Hasibuan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam 45 Bekasi
  • Alya Anjani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8833

Keywords:

Character, Education, Jalaluddin Rumi

Abstract

The purpose of this study is to analyze character education according to Jalaluddin Rumi. The problem of character degradation is still not an easy thing to overcome, especially if you only rely on educational institutions only. Based on that thing, it is very clear how crucial character education is for Muslim people. Jalaluddin Rumi himself is a Sufi poet who in his works also discusses about character. This study uses a library research approach and focuses on examining the values of character education according to Rumi in his book Fihi Ma Fihi and Matsnawi. The analysis technique used is content analysis. The result of this study are the values of character education according to Jalaluddin Rumi, namely religious, noble, love science, maintain physical health, skilled (capable), communicative, creative, independent, democratic, responsible, and hard working. Based on that, this research contributes to character education which should be implemented by Muslim people.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan karakter menurut Jalaluddin Rumi. Permasalahan degradasi karakter bukanlah hal yang mudah untuk diatasi, terlebih lagi jika hanya mengandalkan lembaga pendidikan saja. Berdasarkan hal tersebut, sangat jelas betapa krusial pendidikan karakter bagi setiap pribadi muslim. Jalaluddin Rumi sendiri adalah seorang penyair-sufi yang dalam karya-karyanya juga membahas seputar karakter. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan fokus mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter menurut Rumi yang terdapat dalam bukunya Fihi Ma Fihi dan Matsnawi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil temuan dari penelitian ini adalah adanya nilai-nilai pendidikan karakter menurut Jalaluddin Rumi, yaitu religius, berakhlak mulia, mencintai ilmu, menjaga kesehatan jasmani, terampil (cakap), komunikatif, kreatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, dan bekerja keras. Berdasarkan hal itu, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter yang seharusnya dapat diimplementasikan oleh setiap individu muslim.


       

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.

Aidah, S. N. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bojonegoro: Penerbit KBM Indonesia.

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 1–26.

Arofah, L., Andriane, S., & Ariyanto, R. D. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(2), 16–28.

Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 245–258.

Asdiqoh, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Boyolali. Salatiga: LP2M Press.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembeljaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2), 98–117.

Helmawati. Pendidikan Karaker Sehari-hari. , (2017). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.

Koni, S. M. A. (2017). Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Islam. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 13–37.

Majid, A., & Andayani, D. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mark, J. J. (n.d.). Rumi World History Encyclopedia. Retrieved May 11, 2022, from https://www.worldhistory.org/Rumi/

Muh, I. (2019). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta'dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(September 2018), 77–102.

Mulia, H. R. (2019). Pendidikan Karakter: Analisa Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 39–51.

Na'imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan Psikomotorik. Humanika: Kajian Ilmiah Kuliah Umum, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.

Nandini, D. A. (2016). Kontribusi Optimisme Terhadap Kebahagiaan pada Karyawan. Jurnal Ilmia Psikologi, 9(2), 187–196.

Nata, A. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Neni Suhaeni. (2019). Jalaluddin Rumi: Sang Penyair dan Sufi Agung. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Okuyucu, C. (2021). Rumi: Biography and Message Terj. Abdul Latif. Yogyakarta: Penerbit Forum.

Prasetyo, H., & Anitra, V. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Jurnal Borneo Student Research, 2(1), 705–713.

Purwanto, M. N. (2014). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, F. (2019). Pendidikan Karakter Analisis Pemikiran Ibnu

Miskawaih. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 19–38.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83.

Rumi, J. (2019). Matsnawi: Bait-Bait Ilahi untuk Pendidikan Ruhani. Jakarta: Penerbit Zaman.

Rumi, J. (2021). Fihi Ma Fihi (Terj. Abdul Latif). Yogyakarta: Penerbit Forum.

Ryan, H., & Renna, P. (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda, 4(1), 7–16.

Sudarto. (2019). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Deepublish.

Sukatin, & S.A., S. (2021). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Susilo, W. (2013). Membangun Karakter Unggul. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi.

Wirianto, D. (2013). Meretas Pendidikan Karakter: Perspektif Ibn Miskawaih dan John Dewey. Aceh: Penerbit PeNA.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Diseseuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Yuliana, E., & Abror, M. R. W. A. (2019). Komparasi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dan John Locke Perspektif Pendidikan Islam dan Barat. Tarbawi, 4(1), 93–106.

Zakaria. (2021). Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Dirasah, 4(2), 81–90.

Zuhri, S. (2019). Tarbiyah Ruhiyah (Pendidikan Ruhani) Bagi Anak Didik dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Islam. As-Sibyan, 2(1), 39–55.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Hasibuan, A. R. G., & Anjani, A. (2023). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Fihi Ma Fihi dan Matsnawi karya Jalaluddin Rumi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–18. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8833

Issue

Section

Artikel