Identifikasi dan inkulturasi Islam Berkemajuan dalam kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Muhammadiyah Boarding School

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8952

Keywords:

Islam Berkemajuan, Inkulturasi, Kurikulum, Al-Islam Kemuhammadiyahan

Abstract

Islam Berkemajuan (Progressive Islam) is the characteristic of Muhammadiyah which was started at the 47th Muktamar in Makassar and then completed in the 48th Muktamar in Solo and is practically taught in all Muhammadiyah Schools. This research aims to identify the characteristic of Islam Berkemajuan in MBS' Curriculum and map the inculturation process as well in formal and informal activities at school. This is qualitative research with Discovering Cultural Themes approach. The data analysis was done by ongoing analysis since the data collection was started. The research data were analyzed in three steps which are data reduction, data display, and data serving. The results of this research show five characteristics (al-khasa'ishu al-khamsu) in Islam Berkemajuan, which are based on Tauhid, sourced from al-Qur'an and al-Sunnah, live by ijtihad and tajdid, developing Wasathiyah, and become rahmah to the world, these have been explained in the learning textbooks of MBS both in Junior and Senior high school level. The inculturation strategy is done with the formal curricular program based on the school's program and through extracurricular self-developing activities.

 

Abstrak

Islam Berkemajuan menjadi ciri persyarikatan Muhammadiyah yang dimulai pada muktamar ke-47 di Makassar dan disempurnakan pada Muktamar ke-48 di Solo, secara praktis diajarkan pada semua sekolah Muhammadiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik Islam Berkemajuan pada kurikulum MBS serta memetakan proses inkulturasi pada kegiatan formal dan nonformal di sekolah. Penelitian ini kualitatif dengan pendekatan Discovering Cultural Themes. Analisis data dilakukan secara on-going analysis sejak pengumpulan data dimulai. Data penelitian dianalisis dengan 3 tahapan yakni reduksi data, display data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik Lima (al-Khasha'ishu al-Khamsu) dalam Islam Berkemajuan, yakni; berlandaskan pada tauhid, bersumber pada al-Qur'an dan al-Sunnah, menghidupkan Ijtihad dan Tajdid, mengembangkan Wasathiyah, dan mewujudkan rahmat bagi seluruh alam, telah di-breakdown dalam buku teks pembelajaran MBS baik di tingkat SMP maupun SMA. Strategi inkulturasi dilakukan dengan program kurikuler secara formal yang ditetapkan berdasarkan program sekolah, serta ekstrakurikuler pada kegiatan pengembangan diri.

References

Abidin Fuadi Nugroho, A. R. (2018). Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTS Muhammadiyah Kelas 9 (I. J. Farid Setiawan, Ed.). Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ade Benih Nirwana, H. S. (2018). Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTS Muhammadiyah Kelas VII (A. M. Farid Setiawan, Ngadimun, Ed.; Vol. 2, Nomor 1). Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Amilosa, P., & Sumedi, S. (2018). Pembinaan Karakter Religius Santri di Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2).

Anis, A. (2019). Muhammadiyah Dalam Penyebaran Islam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 5(2), 65–80.

Anwar, S. (2018). Manhaj Tarjih Muhammadiyah. Yogyakarta: Gramasurya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Asrohah, H. (2000). Pelembagaan Pesantren: Asal-usul dan Perkembangan Pesantren di Jawa Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Disertasi. Jakarta: Perpustakaan UIN.

Bakhtiar, B. (2020). KONSTRUKSI TAJDID MUHAMMADIYAH. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 23(1), 62–75.

Bus, Y. (2020). Majelis Tarjih Dan Tajdid Sebagai Pemengang Otoritas Fatwa Muhammdiyah. Jurnal Al-Ahkam, 11(2), 149–168.

Darojat, Z., & Chair, A. (2019). Islam Berkemajuan and Islam Nusantara: The Face of Moderate Islam In Indonesia. 302(Icclas 2018), 60–63. https://doi.org/10.2991/icclas-18.2019.16

Febbrianti, T., Sari, A. A., Raharjo, B. S., & Mumtahana, L. (2022). Inkulturasi Nilai Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Dasar Desa Multi Agama Lamongan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(3), 401–412.

Ganjar Rachmawan A, Muh. Y. W. (2021). Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas 8. Suara Muhammadiyah.

Ginting, N. (2022). Reconstruction Of Moderate Islamic Theological Reason; As Solution Facing The New Normal Time For Youth Muhammadiyah At The Leaders Of The Youth .... Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 3, 1078–1083.

Ichsan, Y., & Salsabila, U. H. (2022). TRANFORMASI DAN AKTUALISASI MAJELIS TARJIH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(1).

Khasanah, S. Z., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pengembangan Kurikulum di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 79–91.

Mifta, N. (2020). THE EFFECTIVENESS OF USING RUN TO THE BOARD GAME IN TEACHING VOCABULARY (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE EIGHTH GRADE OF SMP MUHAMMADIYAH PALOPO). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Muhammadiyah, P. P. (2022). Risalah Islam. November.

Muliana, S. (2022). Grounding Wasathiyah Islam on The Internet Da'wah Islam Wasathiyah In Mainstream Website Of Moderate Islam Indonesia. Jurnal Studi Sosial Keagamaan Syekh Nurjati, 2(1), 49–67.

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 2(1), 700–706.

Niam, Z. W. (2019). Konsep Islam Wasathiyah Sebagai Wujud Islam Rahmatan lil ‘alamin: Peran Nu dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Islam Damai di Indonesia. Palita: Journal of Social Religion Research, 4(2), 91–106.

Nikmatillah, M., & Amrullah, M. (2018). Development Strategies An-Nur Penatar Sewu Islamic Boarding School [Strategi Pembinaan Pondok Pesantren An-Nur Penatar sewu Boarding School].

Pajarianto, H., & Muhaemin, M. (2020). Al-Islam Kemuhammadiyahan bagi Non-Muslim: Studi Empirik Kebijakan dan Model Pembelajaran. Al-Qalam, 26(2), 237–244.

Qodir, Z. (2019). Islam Berkemajuan dan strategi dakwah pencerahan umat. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 209–234.

Rachmadhani, F. (2021). WASATHIYAH: THEORY AND PRACTICE IN MUHAMMADIYAH FATWA DURING THE COVID-19 PANDEMIC الوسطية بين النظرية والتطبيق ÙÙŠ الÙتاوى المحمدية خلال جائحة كوÙيد 19: دراسة تحليلية. Profetika: Jurnal Studi Islam, 23(1), 43–51.

Rayyani, W. O., & Abbas, A. (2020). Akuntabilitas Kinerja dalam Bingkai Tauhid Sosial: Suatu Refleksi Teologi Al Ma'Un. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 174–190.

Retnasari, L., & Suharno, S. (2018). STRATEGI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 52–62.

Sabili, A. R., & Widodo, H. (2019). Manajemen Kurikulum Ismuba Berbasis Boarding School di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Ta'allum J. Pendidik. Islam, 7(2), 405–425.

Santoso, T., Fauziati, E., Afianto, D., & Purnomo, E. (2020). Islam Wasathiyah (Islamic Moderitism) in the Muhammadiyah Khittah Document. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 3512–3531.

Setyawanto, T. D. (2016). Manajemen Kurikulum di SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya, 5(8), 37–48.

Sitti Aminah, S. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Palopo). Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press.

Susiyani, A. S. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) YoKUALITAS BELAJAR SISWA DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL SMP ISLAM RADEN PAKU BLOTONGAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2012. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327.

Tamrin, M. (2019). Al-Islam Dan Kemuhadiyahan (Aik) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Ntt). TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 69–87.

Tamrin, M. (2020). INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN PADA PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAH (AIK/ISMUBA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH DAERAH MINORITAS. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 22–38.

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 208–216. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Pajarianto, H. (2023). Identifikasi dan inkulturasi Islam Berkemajuan dalam kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Muhammadiyah Boarding School. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 19–32. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8952

Issue

Section

Artikel