Urgensi pendidikan jasmani dalam pendidikan Islam: Kajian konseptual hadits-hadits tarbawi

Authors

  • Maslani Maslani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ferina Yulianti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Tauviqillah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9320

Keywords:

pendidikan jasmani, hadis, pendidikan Islam

Abstract

Physical education is an important part of Islamic education, so it must be given equal attention to faith, morals, and mind education. There is a lot of research on physical education, but it does not comprehensively discuss its urgency from an educational perspective. This study aims to analyze and describe the urgency of physical education in terms of education and terms of tarbawi hadiths. By using the library research method, the authors conclude that based on the interpretation carried out on the hadiths of the Prophet, physical education within the scope of Islamic education has at least two main urgencies, namely as a form of fulfilling the obligation to maintain physical rights and as an effort to form strong believers so that they can carry out duties as a servant of Allah swt. ('abdullah) and the empowerer of the earth (khalifah fi al-'ardh).

 

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan bagian penting dari pendidikan Islam sehingga harus diberi perhatian yang seimbang dengan pendidikan akidah, akhlak, dan akal. Banyak penelitian tentang pendidikan jasmani, namun tidak secara komprehensif membahas mengenai urgensinya dalam kaca mata pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan urgensi pendidikan jasmani dalam kaca mata pendidikan dan ditinjau dari hadis-hadis tarbawi. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, penulis memperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan interpretasi yang dilakukan pada hadis-hadis Nabi pendidikan jasmani dalam lingkup pendidikan Islam memiliki setidaknya dua urgensi utama, yaitu sebagai bentuk pemenuhan kewajiban untuk memelihara hak fisik dan sebagai upaya membentuk mukmin yang kuat sehingga dapat menjalankan tugasnya sebagai hamba Allah swt. (‘abdullah) dan pemberdaya bumi (khalifah fi al-‘ardh).

References

Akbar, A. (2019). “Olahraga dalam Perspektif Hadis.” In Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri(UIN).

Al-‘Asqolaniy, I. H. (2001). Fath Al-Bari: Syarh Shohih Al-Bukhari. Maktabah Al-Mulk Fahad Al-Wathaniyah.

An-Nahidl, N. A. (2008). Kyai Tholhah Dan Gagasan Penyelamatan Dan Pengembangan Fitrah Peserta Didik. In EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v6i2.190

An-Nawawi, Y. (1930). Syarh Shahih Muslim bi Syarh An-Nawawiy (Juz XVI). Al-Azhar.

As-Sa’diy, A. A.-R. (2002). Taysir Al-Karim Ar-Rahman fii Tafsir Kalam Al-Mannan. Dar Ibnul Jauzi.

As-Shiddiqi, M. A. (2005). ’Aunul Ma’bud ’alaa Syarhi Sunan Abi Daud. Daar Ibnu Hazm.

Bailey, R. (2006). Physical education and sport in schools: A review of benefits and outcomes. Journal of School Health, 76(8), 397–401. https://doi.org/10.1111/j.1746-1561.2006.00132.x

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Kuttab sebagai Potret Pendidikan Dasar Periode Klasik. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 98. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.388

Bridgeman, M. B., & Mansukhani, R. P. (2016). Self-care for heart health. In Pharmacy Times (Vol. 82, Issue 12).

Budiman, S., & Suharto, A. W. B. (2021). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Jasmani. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 505–514. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2195

Cerin, E., Leslie, E., Sugiyama, T., & Owen, N. (2009). Associations of multiple physical activity domains with mental well-being. Mental Health and Physical Activity, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.1016/j.mhpa.2009.09.004

Chekroud, S. R., Gueorguieva, R., Zheutlin, A. B., Paulus, M., Krumholz, H. M., Krystal, J. H., & Chekroud, A. M. (2018). Association between physical exercise and mental health in 1·2 million individuals in the USA between 2011 and 2015: a cross-sectional study. The Lancet. Psychiatry, 5(9), 739–746. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(18)30227-X

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.

Farooq, S., & Parker, A. (2009). Sport, physical education, and Islam: Muslim independent schooling and the social construction of masculinities. Sociology of Sport Journal, 26(2), 277–295. https://doi.org/10.1123/ssj.26.2.277

Fletcher, G. F., Carolyn, L., Josef, N., Cemal, O., Ross, A., & J., L. C. (2018). Promoting Physical Activity and Exercise. Journal of the American College of Cardiology, 72(14), 1622–1639. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2018.08.2141

Hegde, B. M. (2018). Health benefits of exercise. Kuwait Medical Journal, 50(2), 143–145. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000477455.85942.2f

Hidayat, A. D. (2021). Tiga Hak Tubuh dan Cara Memenuhinya. NU Online. https://nu.or.id/ubudiyah/tiga-hak-tubuh-dan-cara-memenuhinya-1-LQDMt

Irawan. (2019). Potensi Manusia dalam Perspektif Alquran. ISLAMIKA: Jurnal Agama, Pendidikan Dan Sosial Budaya, 13(1), 46–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/islamika.v13i1.153

Kamal, H. (2020). Pendidikan Kesehatan Jasmani Perspektif Hadits. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 16(1), 1–18. https://doi.org/10.31000/rf.v16i1.2495

Latif, U. (2014). Alquran Sebagai Sumber Rahmat dan Obat Penawar (Syifa’) bagi Manusia. Jurnal Al-Bayan, 21(30), 88.

Latif, U. (2022). Dzikir Dan Upaya Pemenuhan Mental-Spiritual Dalam Perspektif Alquran. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 28. https://doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13729

Lazuardi. (2014). Hadis Pendidikan : Penelusuran Akar Pendidikan Jasmani Dalam Hadis. Forum Paedagogik Edisi Khusus Juli – Desember 2014 139, 1–27.

Liegro, C. M. Di, Schiera, G., Proia, P., & Liegro, I. Di. (2019). Physical Activity and Brain Health. https://doi.org/10.3390/genes10090720

Macpherson, H., Teo, W. P., Schneider, L. A., & Smith, A. E. (2017). A life-long approach to physical activity for brain health. Frontiers in Aging Neuroscience, 9(MAY), 147. https://doi.org/10.3389/FNAGI.2017.00147/BIBTEX

Mikkelsen, K., Stojanovska, L., Polenakovic, M., Bosevski, M., & Apostolopoulos, V. (2017). Exercise and mental health. Maturitas, 106, 48–56. https://doi.org/10.1016/J.MATURITAS.2017.09.003

Muhajir. (2016). Pendidikan Jasmani & Kesehatan dalam Islam (Komponen Materi Tafsir dan Hadis Pendidikan). Laksita Indonesia. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Munawwir, A. W. (2007). Kamus Al-Munawwîr versi Indonesia-Arab (Cet. I). Pustaka Progressif.

Muvid, M. B. (2020). Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan). Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1733

Nopel, P. (2022). Pendidikan jasmani dalam Alquran: Studi tafsir tematik. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3(2), 186–191. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2022.vol3(2).9131

Permana, R. (2020). Teori dan Praktik:Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi. Edu Publisher.

Rahmasari, B. (2017). Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan dalam Perspektif Hadis. In UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rasberry, C. N., Lee, S. M., Robin, L., Laris, B. A., Russell, L. A., Coyle, K. K., & Nihiser, A. J. (2011). The association between school-based physical activity, including physical education, and academic performance: A systematic review of the literature. Preventive Medicine, 52(SUPPL.). https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2011.01.027

Rohman, F. (2021). Tujuan pendidikan Islam pada hadis-hadis populer dalam Shahihain. 10(3), 367–380. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.5107

Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.33654/pgsd

Syukriya, A. J., & Faridah, H. D. (2019). Kajian Ilmiah dan Teknologi Sebab Larangan Suatu Makanan Dalam Syariat Islam. Journal of Halal Product and Research, 2(1), 47–48. https://e-journal.unair.ac.id/JHPR/article/download/13543/7598

Ulwan, A. N. (1997). Tarbiyat al-Aulad fi Al-Islam. Dar as-Salam.

WHO - Health Topic - Environmental Health. (n.d.). Www.Who.Int. Retrieved January 19, 2023, from https://www.who.int/health-topics/environmental-health#tab=tab_1

Yulinar, & Kurniawan, E. (2011). Sports in Islamic Views. Muslim Sehat, 1(1), 9–11.

Zaman, H. (1997). Physical Activity : Perceptions of Muslim Young Women. 50–67.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Maslani, M., Yulianti, F., & Tauviqillah, A. (2023). Urgensi pendidikan jasmani dalam pendidikan Islam: Kajian konseptual hadits-hadits tarbawi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 236–254. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9320

Issue

Section

Artikel