Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa

Authors

  • Mahisarani Magister PAI, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ali Imran Sinaga Magister PAI, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nirwana Anas Magister PAI, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9955

Keywords:

media pembelajaran, materi tajwid, keterampilan membaca

Abstract

The purpose of this study was to determine the validity, effectiveness, and practicality of developing web-based learning media in class VIII Tajwid material at SMP IT Nurul Fadhillah, Bandar Setia. This study uses the R&D (Research and Development) method with the Borg and Gall development model consisting of 10 stages which have been modified with the development of using a mixing method, where there are potential and problem stages, information/data gathering stages, product design stage, product/design validation stage, design revision stage, product trial stage, initial product revision stage, usage trial stage, final product revision stage, dissemination and implementation stage. The results of this development research are 1) validation, design experts stated "very feasible", material experts stated "decent" and murotal experts stated "decent"; 2) there was a significant difference between the results of improving students' Koran reading skills between before and after using learning media web-based on the topic of nun sukun and tanwin law recitation.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis web pada materi Tajwid kelas VIII SMP IT Nurul Fadhillah, Bandar Setia. Penelitian ini memakai metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg dan Gall terdiri dari 10 tahapan telah dimodifikasi dengan pengembangan using mixing method, di mana terdapat tahap potensi dan masalah, tahap mengumpulkan informasi/data, tahap mendesain produk, tahap validasi produk/desain, tahap merevisi desain, tahap uji coba produk, tahap revisi produk awal, tahap uji coba pemakaian, tahap merevisi produk akhir, tahap diseminasi dan implementasi. Adapun hasil penelitian pengembangan ini ada dua. Pertama validasi, ahli desain media menilai “sangat layak”, ahli materi menilai “layak” dan ahli murotal menilai “layak”. 2) terdapat perbedaan signifikan antara hasil peningkatan keterampilan membaca Alquran siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media belajar berbasis web pada topik tajwid hukum nun mati dan tanwin.

References

Azhar, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Jurnal Lentera Pendidikan Universitas Nurul Jadid, 20(60).

Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Rajawali Pers.

Hidayati, S., Rahmi, W., & Yasri, A. (2022). Pola Perilaku Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMAN 8 MEDAN. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 104–108. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/28

Indonesia, P. R. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , 2 UU No. 20 Tahun 2003 § (2003).

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019

Khamid, A., Prasmanita, D., Munawaroh, R., Zamroni, A., & Nasitoh, S. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 45–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v2i2.38

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Nadawiyyah, H., & Anggraeni, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis aplikasi Android. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.32661

Nofiaturrahmah, F., & Fa’atin, S. (2019). Pengembangan Kualitas Media Pembelajaran Tajwid di MI Nu Raudlatul Wildan Desa Ngembal Rejo Kudus. Universitas IAIN Kudus.

Prasetiawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro’ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 131–146. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2389

Purwani, F. (2013). Perancangan Perangkat Lunak Media Pembelajaran Menggunakan Computer Assisted Instruction (CAI) untuk Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web. Intizar, 19(2), 287–300.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2014). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar, cet. XVIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Zulkarnain, F. (2022). Pengembangan media pembelajaran Magic Disc Tajwid Pada Pelajaran Qur’an Hadist Materi Nun Mati (Sukun) Atau Tanwin MTs Negeri 1 Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Mahisarani, Sinaga , A. I., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 218–235. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9955

Issue

Section

Artikel