Pengaruh Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak di MTs N 04 Lampung Selatan

Penulis

  • Neneng Zulaeha Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ahmad Fauzan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.13831

Kata Kunci:

Aqidah Akhlak, Hasil Belajar, Strategi Inquiry

Abstrak

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Ada banyak metode yang dapat digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah metode inquiry. Selanjutnya, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs N 04 Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Test dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus T-test. Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan yakni 1).  analisis hasil uji hipotesis pengaruh variabel bebas X  terhadap variabel terikat Y = thitung = 9,610 > ttabel = 2,75 ;  2). Besarnya pengaruh variabel bebas X  terhadap variabel terikat Y dapat dilihat dari nilai Correlation. Nilai Correlation = 0,775 menunjukkan bahwa besarnya kontribusi Strategi Inquiry terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII Mts N 04 Lampung Selatan sebesar 0,775 atau 77,5%. Berdasarkan penemuan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak MTs N 04 Lampung Selatan.

Referensi

Arikunto, S (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Ilmu

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: “Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta.

Basir. (2012). Metode Pembelajaran Agama Islam (Cet. I; Makassar: Alauddin University Press.

Dimyati & Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, A. (2010). Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN –Malik Press

Hamid, A. (2010). Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN –Malik Press.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Humaedah. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 5 Kabupaten Wajo. Makassar: Skripsi, UIN Alaudin Makassar.

Kusnadi, E. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Ramayana Press.

Purwanto, M. N. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahman, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rati, F. A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMP N 2 Pekalongan Lampung Timur. Lampung: Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (1995). Metodologi Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES Indo.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2023-04-28 — Diperbaharui pada 2023-05-01

Cara Mengutip

Zulaeha, N., Pahrudin, A., & Fauzan , A. (2023). Pengaruh Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak di MTs N 04 Lampung Selatan. TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 55–66. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.13831

Terbitan

Bagian

Artikel