Indonesian Kontribusi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor terhadap program Pendidikan Kader Ulama (PKU)

Authors

  • Hanifatulazimah University of Ibn Khaldun
  • Kholil Nawawi Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abrista Devi Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.14185

Keywords:

Majelis Ulama Indonesia, Pendidikan Kader Ulama, Pendidikan Ulama

Abstract

The Bogor Regency Indonesian Ulema Council (IUC) carries out its role in the field of education, namely the cadre of Ulama Cadre Education (UCE). The supporting factors are the source of funds from the Regional Government which is very supportive of the Ulama Cadre Education (UCE) program and for their ittifaq, the attention of the administrators of the Bogor Regency Indonesian Ulema Council (IUC) and alumni of the Ulama Cadre Education (UCE). The purpose of this study was to determine the implementation of the Ulama Cadre Education (UCE) program in Bogor Regency, the extent of the contribution of the Bogor Regency Indonesian Ulema Council (IUC) to the Ulama Cadre Education program (UCE) and to determine the supporting and inhibiting factors of the contribution of the Indonesian Ulema Council (IUC). Bogor Regency in implementing the Ulama Cadre Education (UCE) program. This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study were interviews, questionnaires, and documentation studies. The type of interview used is a structured interview. The results of this study are that the Bogor Regency Indonesian Ulema Council (IUC) contribution to the Ulama Cadre Education program (UCE) is very large, namely the existence of funds provided by the Regional Government of Bogor Regency, for its initiative, the attention of the Bogor Regency Indonesian Ulema Council (IUC) administrators and alumni Ulama Cadre Education (UCE). Meanwhile, there are no inhibiting factors or constraints.

Abstrak

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menjalankan peran dibidang pendidikan yaitu pengaderan Pendidikan Kader Ulama (PKU). Adapun faktor pendukungnya yaitu sumber dana dari Pemerintah Daerah yang sangat mendukung terhadap program Pendidikan Kader Ulama (PKU) dan atas ittifaqnya, perhatian para pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor serta alumni Pendidikan Kader Ulama (PKU). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program Pendidikan Kader Ulama (PKU) di Kabupaten Bogor, sejauh mana kontribusi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor terhadap program Pendidikan Kader Ulama (PKU) dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kontribusi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor dalam melaksanakan program Pendidikan Kader Ulama (PKU). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Hasil Penelitian ini adalah kontribusi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor terhadap program Pendidikan Kader Ulama (PKU) sangat besar yaitu adanya dana yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, atas ittifaqnya, perhatian para pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor dan alumni Pendidikan Kader Ulama (PKU). Sedangkan faktor penghambat atau kendalanya tidak ada.

References

Fananie, R. Z. (2010). Pedoman Pendidikan Modern. Arya Surya Perdana.

Faturrahman. dkk. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Hakiem, L. (2016). Jejak Perjuangan Ulama-Patriot K. H. Sholeh Iskandar. Bogor: UIKA Press.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. (2017). Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi’ah di Indonesia. Forum Masjid Ahlus Sunnah.

MUI Kabupaten Bogor. (2022). Buku Pedoman Pendidikan Kader Ulama Angkatan XVI. MUI Kabupaten Bogor.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Ulama, K. (2022). Politik Ala Ulama. Bogor: Majalah Ulama Indonesia Kabupaten Bogor.

Ulama, K. (2020). Ulama Calon F-1. Bogor: Majalah Ulama Indonesia Kabupaten Bogor.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Mursalim. (2019). Membangun Interkoneksi antara Pendidikan Formal, Non-Formal, dan Informal. Researchgate, August 2008, 1–10.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92.

Syafaruddin, A. S. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara (PTKU) (Analisa Evaluasi Program PTKU Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara Berdasarkan Model, Evaluasi Context, Input, Process and Product). Jurnal Analytica Islamica, 7 (2).

Priswati, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Pengertian Pendidikan, 4, 1707–1715.

Syarif, Z. (2014). Pendidikan profetik dalam membentuk bangsa religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1-16.

Yunus, A. (2017). Pemberdayaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan melalui Pelatihan Kader Ulama. Jurnal Mitra: Studi Ilmu-ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 197-204.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Hanifatulazimah, Nawawi, K., & Devi, A. (2023). Indonesian Kontribusi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor terhadap program Pendidikan Kader Ulama (PKU). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 377–396. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.14185

Issue

Section

Artikel