Metode menghafal Al-Qur’an untuk siswa SMA: Studi komparasi metode tahfidz Sulaimaniyah dan metode Sabaq, Sabqi, Manzil
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.16270Keywords:
Pondok Tahfidz Sulaimaniyyah, Pondok Pesantren Imam Bukhari, Metode tahfidzAbstract
This study aims to compare the Qur'an memorization methods applied in Pondok Tahfidz Sulaimaniyyah and Pondok Pesantren Imam Bukhari Solo. Memorizing the Qur'an is a noble practice that requires effective methods to facilitate the process. The research method uses observation, interviews, and literature studies. Pondok Tahfidz Sulaimaniyyah applies the Turkish Uthmani Method which consists of three stages: new memorization (first round), advanced memorization (second round), and old memorization (third round), starting from the 20th page of each juz until completion. Meanwhile, Imam Bukhari Islamic Boarding School uses the Sabaq, Sabqi, Manzil Method, which starts from the beginning of the juz to completion with an evaluation every juz, five juz, and so on. The results showed that both methods have their respective advantages and can be applied to high school students with some refinements for optimal results. The conclusion of this study is that the integration of the positive aspects of both methods can produce a more perfect approach to learning to memorize the Qur'an.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode tahfidz Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Tahfidz Sulaimaniyyah dan Pondok Pesantren Imam Bukhari Solo. Menghafal Al-Qur’an merupakan amalan mulia yang memerlukan metode efektif untuk mempermudah prosesnya. Metode penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan studi literatur. Pondok Tahfidz Sulaimaniyyah menerapkan Metode Turki Utsmani yang terdiri dari tiga tahapan: hafalan baru (putaran pertama), hafalan lanjutan (putaran kedua), dan hafalan lama (putaran ketiga), dimulai dari halaman ke-20 setiap juz hingga selesai. Sementara itu, Pondok Pesantren Imam Bukhari menggunakan Metode Sabaq, Sabqi, Manzil, yang dimulai dari awal juz hingga selesai dengan evaluasi setiap juz, lima juz, dan seterusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode memiliki keunggulan masing-masing dan dapat diterapkan pada siswa SMA dengan beberapa penyempurnaan untuk hasil yang optimal. Simpulan penelitian ini adalah bahwa integrasi aspek positif dari kedua metode dapat menghasilkan pendekatan yang lebih sempurna untuk pembelajaran tahfidz Al-Qur’an.
References
Ad-Duwaisy, A. bin A. (n.d.). Fatawa Al-Lajnah Ad-Daaimah Lil Buhuts Al-Ilmiyyah Wal-Iftaa. Riyadh: Ar-Riaasah Al-‘Aammah Lil Buhuts Al-Ilmiyyah Wal-Iftaa.
Ahmad bin Hanbal. (1999). Musnad Al-Imam Ahmad bin Hanbal (Tahqiq: Syu’aib Al-Arna’uth). Muassasah Ar-Risalah.
Al-‘Asqalani, A. bin A. bin M. bin A. bin H. (n.d.). Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari (Tahqiq: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz). Dar Al-Fikr.
Al-‘Utsaimin, M. S. (n.d.). Fatawa Nur ‘Ala Ad-Darbi. Muassasah Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin Al-Khairiyyah.
Al-Ajurri, A. (n.d.). Mukhtashar Akhlaq Hamalatu Al-Qur’an. Dar At-Tadmuriyyah.
Al-Baihaqi, A. B. A. H. bin A. bin H. bin A. (1994). Sunan Al-Kubra (Tahqiq: Muhammad Abdul Qadir ‘Atha). Makkah Al-Mukarramah: Maktabah Dar Al-Baz.
Al-Bazzar, A. bin A. bin A. K. (1989). Musnad Al-Bazzar (Tahqiq: Dr. Mahfudz Ar-Rahman Zainullah). Muassasah Ulumul Al-Qur’an.
Al-Bukhari, M. bin I. (1987). Shahih Al-Bukhari. Beirut: Dar Ibnu Katsir.
Al-Kufi, A. B. A. bin M. bin A. S. (1989). Mushannaf Ibnu Abi Syaibah (Tahqiq: Kamal Yusuf Al-Huut). Riyadh: Maktabah Ar-Rusyd.
Al-Lahim, K. bin A. K. (2004). Miftah Tadabburil Qur’an Wan-Najah fii Al-Hayah. Riyadh: Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathniyyah.
An-Naisaburi, M. bin Al-H. (n.d.). Shahih Muslim (Tahqiq: Muhammad Fuad Abdul Baqi). Beirut: Dar Ihya Turats Al-‘Araby.
An-Nawawi, A. Z. Y. bin S. bin M. (1971). Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim bin Al-Hajjaj. Beirut: Dar Ihya At-Turats Al-Araby.
An-Nawawi, A. Z. Y. bin S. bin M. (1983). At-Tibyan Fii Adab Hamalati Al-Qur’an. Al-Wikalah Al-‘Aamah Li At-Tauzii’.
Anshari, Z. (2017). Andapun Bisa Hafal 30 Juz Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Arif, A. (2015). Lembaga pendidikan penghafal Al-Qur’an: Studi perbandingan pesantren tahfidz Sulaymaniyah Turki dan pesantren tahfidz Indonesia. Jurnal _____.
As-Suhaibany, A. Q. (n.d.). Al-Hifdzu, Ahammiyatuhu, ‘Ajaaibuhu, Thariqatuhu, Asbaabuhu. Al-Kutaibaat Al-Islamiyyah.
As-Sujistani, S. bin Al-Asy’ats A. D. (n.d.). Sunan Abu Dawud (Tahqiq: Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid). Dar Al-Fikr.
At-Tirmidzi, M. bin I. (n.d.). Sunan At-Tirmidzi (Tahqiq: Ahmad Muhammad Syakir). Beirut: Dar Ihya At-Turats Al-Araby.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Balai Pustaka.
Ibnu Taimiyyah, T. (2001). Amradh Al-Quluub Wa Syifaauha. Riyadh: Dar As-Salam.
Imas, R. D. (2019). Penerapan metode tahfidz Turki Utsmani: Studi living Quran di UICCI Sulaimaniyah Bandung. Jurnal UIN Sunan Gunung Djati.
Jaka, L. A. N. (2018). Sistem pendidikan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Puncak Bogor dalam pembelajaran tahfidzhul Qur’an dengan metode Turki Utsmani. Jurnal _____.
Kurzun, A. A. (2005). Warattilil Qur’an Tartiila (7th ed.). Dar Nur Al-Maktabaat.
Majma’ Al-Lughah Al-‘Arabiyyah. (2011). Al-Mu’jam Al-Washith (5th ed.). Cairo: Maktabah As-Syaruuq Ad-Dauliyyah.
Majma’ Malik Fahd Li Thiba’ah Al-Mushaf Asy-Syarif. (n.d.). Al-Qur’an dan terjemahannya. KSA.
Majma’ Malik Fahd Li Thiba’ah Al-Mushaf Asy-Syarif. (n.d.). Tafsir Al-Muyassar. KSA.
Sopiyan, H. (2018). Penerapan metode talaqqi dan muraja’ah dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada siswa SMA Riyadhussholihiin Pandeglang. Jurnal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Syaqiqi, R. M. M. (2011). Hilyatu At-Tilawah Fii Tajwid Al-Qur’an (5th ed.). Maktabah Rawa’iu Al-Mamlakah.
Ulfa, K. (2019). Hubungan gaya belajar dan kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas X MAN 2 Model Medan. Jurnal UIN Sumatera Utara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.