Efektivitas metode Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • M. Zainul Hadi Wiratama Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Zaki Universitas Islam Negeri Mataram
  • Abdul Azis Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.17367

Keywords:

Bahasa Arab, Hasil belajar, Mind Mapping

Abstract

One of the impacts resulting from the lack of time allocated for arabic learning, will of course be that student learning outcomes are not optimal. Using the mind mapping method is an alternative for improving student learning outcomes. This research aims to determine the effectiveness of the mind mapping method in improving student learning outcomes in Arabic Learning at MTs NW Badrussalam Sekarbela Mataram. This research study uses a classroom action research (CAR) design with the Kemmis and Mc Taggart model research design. Data collection techniques were carried out using observation by observing and recording the phenomena studied, in-depth interviews with teachers and students regarding the implementation of learning and the methods used as well as tests on student learning outcomes to measure students' abilities before and after actions in the form of pre-tests and post-tests. The data analysis technique uses the Miles and Huberman technique. The results of the research show that the use of the mind mapping method has proven to be effective in improving student learning outcomes in Arabic Learning class VIII MTs NW Badrussalam seen from the results achieved by students, namely 94.44% of students succeeded in learning well and 5.55% of students did not succeed.

Abstrak

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari minimnya alokasi waktu untuk pembelajaran bahasa arab tentunya akan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal. Penerapan metode Mind Mapping menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs NW Badrussalam Sekarbela Mataram. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan mengamati dan mencatat fenomena yang diteliti, wawancara mendalam kepada guru dan siswa terkait pelaksanaan pembelajaran dan metode yang digunakan serta tes hasil belajar siswa untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah tindakan berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs NW Badrussalam dilihat dari hasil yang dicapai siswa, yaitu sebesar 94,44% siswa berhasil belajar dengan baik dan 5,55% siswa belum berhasil.

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Dedy Miswar, D. M., & Irma Lusi, N. (2020). Ekologi Pendidikan. Pusaka Media.

Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372

FRIDA, E. (2023). Efektivitas Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts N 5 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Fu’adah, S. (2021). Penggunaan Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 30–39.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori pengenalan ilmu pengetahuan alam sejak dini. Pm Publisher.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86.

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71.

Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Valia Pustaka.

Mannan, A. M. R. A. J., & Fitrotin, A. I. (2024). Implementasi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Sabrang Ambulu: Implementasi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Sabrang Ambulu. Al-Kafaah: Journal of Arabic Language and Linguistics Education (ALLE), 125–138.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Mudyahardjo, R. (2006). Pengantar pendidikan sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan di indonesia.

Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Swadarma, D. (2013). Penerapan mind mapping dalam kurikulum pembelajaran. Elex Media Komputindo.

Tatipang, D., Oroh, E. Z., & Liando, N. V. F. (2021). The Application Of Mind Mapping Technique To Increase Students’reading Comprehension At The Seventh Grade Of SMP. Kompetensi, 1(03), 389–397.

Windura, S. (2013). 1st mind map. Elex Media Komputindo.

Windura, S. (2019). 1 st Mind Map: Teknik berpikir dan belajar sesuai cara kerja alami otak.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wiratama, M. Z. H., Zaki, M., & Azis, A. (2024). Efektivitas metode Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(3), 677–688. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.17367

Issue

Section

Artikel