Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD

Authors

  • Mita Nia Irsyada IAIN KUDUS
  • Ashif Az Zafi Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2950

Keywords:

pendidikan, toleransi, peserta didik

Abstract

The issue in this study is related to tolerance. The Indonesian state has become the center of attention for the lack of tolerance due to differences of opinion between people and a lack of knowledge that has had an impact on changing paradigms and attitudes of the people who were previously known as integrated communities turned into a disintegrated society or can be interpreted as a life that upholds togetherness and tolerance. turned into an individualistic or selfish society. This research was conducted at SDN Siyono in this type of research qualitative analysis with research data sourced from primary data and secondary data. The results of this study found that the role of Islamic education in fostering attitudes towards students, there are: (1) School curriculum and regulations, namely the activities or activities of an educational teaching and learning process concerning character and religion; (2) Social, cultural and sports activities, namely social activities carried out such as mutual cooperation. Culture for example such as participating in art extracurricular activities. Sports for example such as solidarity training in soccer, volleyball, basketball and futsal; (3) Group learning, namely in the process of teaching and learning to students divided into several groups.

Abstrak                                  

Isu dalam penelitian ini berkaitan tentang toleransi. Negara Indonesia menjadi pusat perhatian akan minimnya toleransi dikarenakan adanya perbedaan pendapat antar masyarakat dan kurangnya ilmu pengetahuan yang telah memberikan dampak terhadap perubahan paradigma dan sikap masyarakat yang dulunya diketahui sebagai masyarakat terintregasi berubah menjadi masyarakat yang disintegrasi atau bisa diartikan sebagai kehidupan yang menjunjung tinggi kebersamaan dan toleransinya berubah menjadi masyarakat yang individualis atau mementingkan dirinya sendiri. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Siyono dalam jenis penelitian ini analisis kualitatif dengan data penelitiannya bersumber dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran pendidikan islam dalam menumbuhkan sikap pada siswa, terdapat: (1) Kurikulum dan peraturan sekolah, yaitu aktifitas atau kegiatan suatu proses belajar mengajar pendidikan menyangkut budi pekerti dan agama; (2) Kegiatan sosial, budaya dan olahraga, yaitu kegiatan sosial yang dilaksanakan seperti gotong royong. Budaya contohnya seperti ikut kegiatan ekstrakurikuler seni. Olahraga contohnya seperti latihan solidaritas dalam permainan sepak bola, voli, basket maupun futsal; (3) Pembelajaran kelompok, yaitu dalam proses belajar mengajar kepada peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.

References

Barnawi dan Arifin. A, 2013. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Fouad, NA. dkk. 2018. Some values of tolerance in the Islamic educational thought and how to strengthen them within the Egyptian universities to confront community, Journal SVU- Journal of abstracts (SVU-JA), 1 (1): pp16,

Albana, H. dkk. 2018. The Correlation Analysis of Islamic Education (PAI) Learning Outcomes with Religious Tolerance at Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Journal Sunan Kalijaga: International Journal of Islamic Civilization ISSN 2614-5472 (p), ISSN 2614-7262 (e), Volume 2, Number 2 Pages: 205-233

Saebani, BA dan Akhdhiyat, H. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jawa Barat, CV. Pustaka Setia.

al-Zuhailć«, Wahbah. 2013. Tafsć«r al-Munć«r fć« al-Aqidah wa al-Syari"Ÿah wa al- Manhaj. Jakarta, Gema Insani.

Wulandari, NPA. dkk. 2019. Bentuk Toleransi Antarumat Beragama Pada Siswa. Denpasar.

Bahari. 2010. Toleransi Beragama Mahasiswa. Jakarta, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Besuri, Kamrani. 2014. Dasar, Asas, Prinsip Pendidikan Islam, Banjarmasin, Pustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rahmawati, N. 2019. Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Pendidikan Islam VOL: 08/NO: 01

Rusydiyah, EF. dkk, 2015. Nilai-nilai toleransi dalam Islam Pada Buku Tematik Kurikulum 2013. ISLAMICA, Jurnal Studi Keislaman.

Hasyim, U. 2010. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar menuju. Bandung, Bina Ilmu.

Azkar, M. 2012. Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kerukunan Umat Beragama (Studi Kasus Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Pemenang Lombok Utara)”. Tesis. Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Malang.http://lib.uin-malang.ac.id.

Majid, A. 2012. Hadist Tarbawi Hadis-hadis Pendidikan. Jakarta, Prenadamedia Group.

Roqib, M. 2010. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta, LKiSYogyakarta.

Rohman,S dan Wibowo, A. dkk. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Ratnaningsih. S. dkk. 2018. The Role of Islamic Education on Increasing Democratic Attitude and Religious Tolerance in High School Students in Indonesia, Journal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 408 2nd International Conference on Islam, Science and Technology (ICONIST)

Henry, TS. dkk. 2017. Menghargai Perbedaan Pendidikan Toleransi untuk Anak. Jakarta, PSIK-Indonesia.

Sanaky, HAH. 2015. Pembaruan Pendidikan Islam, Paradigma, Tipologi, dan Pemetaan Menuju Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta, Kaukaba Dipantara.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Irsyada, M. N., & Zafi, A. A. (2020). Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 142–151. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2950

Issue

Section

Artikel