Kurikulum Tahfidz Enterpreneurship tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Hotim Abdulloh Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6822

Keywords:

kewirausahaan, kurikulum tahfidz, pesantren

Abstract

Tahfidz entrepreneurship curriculum at the junior high school level is needed to prepare a generation that is religious, has good morals, is independent and does not stand idly by for others. This study tries to find a model for implementing the tahfidz entrepreneurship curriculum at the junior high school level at Al-Amin Islamic Boarding School Tasikmalaya and SMPIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya. This study used descriptive qualitative method. The results of the study found that a good model for the tahfidz entrepreneurship curriculum at the junior high school level was as follows, first, tahfidz Alquran should ideally be carried out 10 hours per day. Second, entrepreneurship to foster the entrepreneurial spirit of students is carried out one day a week. Third, the condensation of official lessons can be carried out one day a week, and another important curriculum is the Islamic boarding school curriculum.

Abstrak                                  

Kurikulum tahfidz entrepreneurship pada tingkat SMP sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan generasi yang religius, berakhlak baik, mandiri dan tidak berpangku tangan pada orang lain. Penelitian ini mencoba menemukan model penerapan kurikulum tahfidz entrepreneurship pada tingkat SMP di Pondok Pesantren Al-Amin Tasikmalaya dan SMPIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa model yang kurikulum tahfidz entrepreneurdship tingkat SMP yang baik adalah sebagai berikut, pertama, tahfidz Alquran idealnya dilaksanakan 10 jam per hari. Kedua, kewirausahaan untuk memupuk jiwa entrepreneurship siswa dilaksanakan satu hari per pekan. Ketiga, pemadatan pelajaran Dinas bisa dilaksanakan satu hari per pekan, dan kurikulum penting lainnya yaitu kurikulum kepesantrenan.

References

Alim, A. (2018), Pendidikan Jiwa: Terapi Spiritual Manusia Modern, Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Alquran Al-Karim

Arabiyyah, M. L. (2010), Mu'jam al-Washit, Mesir: cetakan ke 5.

Gunawan, H. (2014), Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: Remaja Rosdakarya.

KBBI online

Kemendikbud. (2012) KBBI, Jakarta: Pustaka Phoenix.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif, cet. XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pasaribu , A. M. (2012), Kewirausahaan berbasis Agribisnis, Yogyakarta: C.V Andi Offset.

UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yunus, M. (1996). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Hidakarya

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Abdulloh, H. (2022). Kurikulum Tahfidz Enterpreneurship tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 117–126. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6822

Issue

Section

Artikel