Metode pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat umum di Ma'had Al-Bashirah Karawang

Authors

  • Deden Dimyati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7244

Keywords:

Metode Pembelajaran, Bahasa Arab, Masyarakat Umum

Abstract

Learning Arabic is a must for Muslim communities who want to understand more deeply the contents of the Qur'an and al-Hadith, Arabic as a tool to understand both. The purpose of this study was to determine the method of learning Arabic in Ma'had Al-Bashirah Karawang. This institution has an Arabic Language Science Council program and ILmu Syari'I abbreviated MIMBAR SYAR'I for the general public who do not have basic Arabic language skills and the majority of the participants are people who are busy with their work and are not young, but the researchers found that they managed to reading Arabic books and being able to understand readings in prayer, also being able to understand what native Arabs are talking about in muhadoroh or lectures.

Abstrak                                  

Pembelajaran bahasa Arab merupakan sebuah keharusan bagi masyarkat muslim yang ingin memahami lebih dalam isi kandungan al_quran dan al-Hadits, bahasa Arab sebagai alat untuk memahami keduanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran Bahasa Arab di Ma'had Al-Bashirah Karawang. Lembaga ini memiliki program Majelis Ilmu Bahasa Arab dan ILmu Syari'I disingkat MIMBAR SYAR'I untuk masyarakat umum yang tidak memiliki kemampuan dasar bahasa Arab dan mayoritas dari pesertanya adalah orang-orang sibuk dengan pekerjaannya dan usianya tidak muda, namun peneliti menemukan mereka berhasil bisa membaca kitab berbahasa arab dan bisa memahami bacaan dalam shalat, juga mampu memahami apa yang dibicarakan orang arab asli dalam muhadoroh atau ceramah.

References

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

RI, D. A. (2007). Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Depag RI.

As-Sa'di, A. R.. I. N. (2003). Taisir Karimir Rahman, Kuwait: Jam'iyyah Ihyaut Turots Al-Islami.

Taimiyyah, I.. (1997). Al-Iqtidha al-Shirath al-Mustaqim, Riyadh: Dar Isybeliya.

Syafi'i, I. (2008). Ar-Risalah, Jakarta: Pustaka Azzam.

Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: SBAlgensindo.

Arief, Z.A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan, Bogor: Graha Widya Sakti.

Arsyad, A. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Beberapa Pokok Pikiran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: Balai Pustaka.

Nababan, S. U. S. (1993). Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Munawwir, A. W. (1984). Kamus al-Munawwir Arab–Indonesia Terlengkap, Yogyakarta: Pustaka Progressif.

Ba'labaki, R. M. (1990). Mu'jam al-Musthalahat al-Lugawiyyah, Bairut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin.

RI, K. A. (2014). Alquran Terjemah dan Tajwid. Jawa Barat: Sygma.

Effendy, A. F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat.

Syarifah, A. W. A. (2018). ”Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) MAN 3 Makassar”, Shaut Al-‘Arabiyah: 6(1). https://doi.org/10.24252/saa.v6i1.5643.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Dimyati, D. (2022). Metode pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat umum di Ma’had Al-Bashirah Karawang. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 315–326. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7244

Issue

Section

Artikel