Implementasi metode pendidikan kecerdasan interpersonal pada fase remaja awal

Authors

  • Salman Al Farisi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8904

Keywords:

Fase Remaja Awal, Karakter, Kecerdasan Interpersonal

Abstract

A person's ability to be sensitive to the feelings of others is called interpersonal intelligence. As a result, they find it easy to connect with the people and places they are. It is also known as social intelligence, which involves the ability to develop deep relationships with friends, as well as leadership, organizing, conflict resolution among friends. , gather the sympathy of other students, and so on. In this study using a qualitative approach, the place of research was at the Alwasilah Lilhasanah Islamic Boarding School in early teens, more precisely in class VII Mts. The results of this study are related to the method of interpersonal intelligence at the Alwasilah Lilhasanah Islamic Boarding School including the concept, implementation, evaluation and supporting and inhibiting factors. The ideal Interpersonal Intelligence Concept method is the exemplary method, the advice method, the habituation method and the punishment or reward method. Characters that must be possessed by students are able to communicate, socialize and socialize with friends, parents, teachers and the community well.

Abstrak

Kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan orang lain disebut sebagai kecerdasan interpersonal. Akibatnya, mereka merasa mudah untuk terhubung dengan orang-orang dan tempat mereka berada. Ini juga dikenal sebagai kecerdasan sosial, yang melibatkan kemampuan untuk mengembangkan hubungan yang mendalam dengan teman-teman, serta kepemimpinan, pengorganisasian, penyelesaian konflik di antara teman-teman. , mengumpulkan simpati siswa lain, dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tempat penelitian di Pondok Pesantren Alwasilah Lilhasanah usia remaja awal, lebih tepatnya kelas VII Mts. Hasil penelitian ini terkait dengan metode kecerdasan interpersonal di Pondok Pesantren Alwasilah Lilhasanah meliputi konsep, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat. Metode Konsep Kecerdasan Interpersonal yang ideal yaitu dengan metode teladan, metode nasihat, metode pembiasaan dan metode hukuman atau ganjaran. Karakter yang harus dimiliki siswa adalah mampu berkomunikasi, bergaul dan bersosialisasi dengan teman, orang tua, guru dan masyarakat dengan baik.

References

al-Mishri, M. (2011). Adab Al-Thifli Al-Muslim Li as-Shigor Wa Al-Kibar. Mesir: Daar Almaarif.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Enung, Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Teori Dalam Praktek. Jakarta: Interaksara.

Hurlock, E. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Majid, A. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rozali, Y. A. (2015). "Kecerdasan Interpersonal Remaja Ditinjau Dari Penerapan Pola Asuh Orang Tua.” 978–79.

Saufi, M., and M. R. (2016). "Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Efektivitas Model.” 2(2).

Sutisnowati, E. (tt) "Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Dalam Proses Pembelajaran Pada TOT Widyaiswara Rumpun IPS (Studi Kasus Tot Widyaiswara Rumpun IPS).” (2):85–96.

Syahrum, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep Dan Aplikasi Dalam Ilmu Sosial, Keagamaan Dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya.

Utami, A. D. (2012). "Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach Improving Intrapersonal Intelligence And Interpersonal.” 7(2):138–52.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Al Farisi, S., & Indra, H. (2022). Implementasi metode pendidikan kecerdasan interpersonal pada fase remaja awal. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 455–468. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8904

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)