PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA DI SMPIT AR RAHMAH CIJERUK BOGOR
Keywords:
media pembelajaran, motivasi, hasil belajar, FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran laboratorium virtual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA Fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Ar Rahmah Cijeruk Bogor dengan sampel penelitian sebanyak 26 peserta didik kelas IX. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen desain factorial 2x2 dengan variable terikat terdiri dari media pembelajaran laboratorium virtual dan laboratorium konvensional variable atribut terdiri dari motivasi tinggi dan motivasi rendah serta variable bebas yaitu hasil belajar IPA Fisika. Dari perhitungan ANAVA dua jalur pada baris antar Media Pembelajaran (A) diketahui fhitung > fabel ( 33,67 > 4,20 ) dengan demikian HO ditolak dan dinyatakan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual. Pada baris interaksi AXB diketahui fhitung > fabel ( 294,11 > 4,20 ) dengan demikian HO ditolak dan dinyatakan terdapat pengaruh interaksi media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Dilanjutkan oleh uji tukey hasil belajar IPA Fisika peserta didik yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi jika menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual daripada menggunakan laboratorium konvensional pada mata pelajaran IPA Fisika di kelas IX SMP, dapat teruji kebenarannya secara signifikan. Dan peserta didik yang memiliki motivasi rendah lebih rendah jika menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual daripada menggunakan laboratorium konvensional pada mata pelajaran IPA Fisika di kelas IX SMP, dapat teruji kebenarannya secara signifikan
References
Group. Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta.
. (2018). Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Musakkir. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Tidung . Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/430 (Diakses pada tanggal 01 Januari 2023, pukul 15.35).
Tatli, Z., & Ayas, A. 2012.Virtual Chemistry Laboratory: Effect Of Constructivist Learning Environment. Turkish Online Journal of Distance Education, 13 (1): 183–199.
Tatli, Z dan Ayas, A . 2012. Virtual Chemistry Laboratory: Effect of Contructivist Learning Environment. Turkish Journal of Diatance Education .13 (1): 166.
Yuniarti,F.,Dewi,P.,dan Susanti, R. 2012. Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Jurnal Pendidikan Biologi Unnes . 1(1): 28.
Susanti Rani. 2014 Pengaruh Model Pembelajaran berbasis masalah dan kreativitas terhadap hasil belajajr ilmu pengetahuan Alam Kelas V SDN Srogol 01 Kabuppaten http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/448 (Diakses pada tanggal 22 Desember 2022, pukul 17.35).
Hanafiah, Nanang, dan Cucu Sahana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Haryanto. 2013. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Psikomotor Siswa Pada Praktikum Laju Reaksi Kelas XI IPA SMAN 7 Sarolangun. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Hermansyah dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Ikip Mataram.
Arief, Habibah Sukimin, dkk (2016). Meningkatkan Motivasi belajar melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah Vol.1, No, 1 (2016). http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2945. (Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019, pukul 15.35).
Arifin, Johar. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta:PT. Elex Media Komputindo.
A.M, Sardiman. (2018). Interaki dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi guru Profesional. Jakarta: Prena Med
Nana, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.