PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) BALAI BESAR GURU PENGGERAK JAWA BARAT

Authors

  • Sutomo Sutomo Universitas Ibn Khaldun
  • Nurdin Ibrahim
  • Rudi Hartono

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10692

Keywords:

E-modul, validitas, layak

Abstract

Peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan salah satunya dilakukan dengan cara melakukan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Diklat ini dilakukan dengan tiga moda, yaitu tatap muka, jarak jauh, atau gabungan antara keduanya. Apapun modanya keberadaan bahan ajar sangat diperlukan untuk memperlancar tujuan dari diklat tersebut. Pengembangan modul untuk diklat jarak jauh sangat diperlukan untuk mendukung tercapainya diklat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui prosedur pengembangan e-modul berbasis canva pada diklat Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, mengetahui kelayakan pengembangan e-modul berbasis canva pada diklat BBGP Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D) dengan mengacu pada model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas ahli materi yaitu Seorang Pengembang Teknologi Pembelajaran ahli Madya BBGP Jawa Barat sebesar 78,4 % dengan katagori layak, validitas ahli media seorang PTP ahli muda di BBGP Jawa Barat sebesar 78,4 % dengan katagori layak, dan Validitas ahli desain Instruksional seorang dosen Media dari Universitas Muhamadiyah jakarta sebesar 82,4 % dengan katagori sangat layak, sehingga rata rata validitas sebesar 79, 73 dengan katagori layak.

References

Anwar, I. (2010). Pengembangan bahan ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16.

Nugraha, A. (2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI F 2 SMK Farmasi As-shifa Ciparay. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rivai, A., & Sudjana, N. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sujadi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soenarto. (2013). Konsep dasar metode penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Dikmenjur (2008), Kurikulum SMK Jakarta, Dikmenjur

Purwanto dkk. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Pendidikan PUSTEKKOM Depdiknas

UU No.14 tahun 2005, tentang Undang Undang Tentang Guru dan Dosen

Pribadi, BA. 2014. Model Desain Sistem Pembelajaran: Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Dian Rakyat

Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar, Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC

Rusman dkk. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta. Penerbit: Rajawali Pres.

Sadiman, Arief. 2009. Media Pendidikan: Pengertian,Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta. Penerbit: Raja Grafindo Persada.

Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT.

Bumi Aksara.

Surya, Darma. 2012. Pengembangan media pembelajaran mulitmedia interaktif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran. Tesis

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Sutomo, S., Ibrahim, N., & Hartono, R. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) BALAI BESAR GURU PENGGERAK JAWA BARAT. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10692