Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA

Authors

  • Fatmayeni Universitas Ibn Khaldun
  • Nurdin Ibrahim Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Masitowati Gatot Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Mod

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul pada pembelajaran PAI serta menganalisis kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Untuk menguji kelayakan ini menggunakan penilaian 3 ahli yaitu ahli media, ahli desain dan ahli materi. Hasil uji ahli media 73,5% atau termasuk dalam kategori layak, hasil uji ahli materi 99,35% dan ahli desain 99% atau dalam kategori sangat layak. Hasil uji independent t test diperoleh signifikansi 0,027 < 0,05 artinya  ditolak menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai PAI siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan E-modul dengan kelas kontrol yang menggunakan media buku cetak/paket PAI.

ul pada pembelajaran PAI serta menganalisis kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Untuk menguji kelayakan ini menggunakan penilaian 3 ahli yaitu ahli media, ahli desain dan ahli materi. Hasil uji ahli media 73,5% atau termasuk dalam kategori layak, hasil uji ahli materi 99,35% dan ahli desain 99% atau dalam kategori sangat layak. Hasil uji independent t test diperoleh signifikansi 0,027 < 0,05 artinya  ditolak menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai PAI siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan E-modul dengan kelas kontrol yang menggunakan media buku cetak/paket PAI.

Published

2023-12-18

How to Cite

Fatmayeni, Ibrahim, N., & Gatot, M. (2023). Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 59–70. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15051