PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IX DI SMP TERPADU ABI LEUWISADENG BOGOR

Authors

  • Neneng Fitrina Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nurdin Ibrahim
  • widyasari widyasari

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10689

Keywords:

Bahasa Inggris, Kontekstual, Modul Elektronik.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dan keefektifan pengembangan modul elektronik berbasis pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran bahasa inggris kelas IX di SMP Terpadu ABI Leuwisadeng Bogor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diintegrasikan dengan model Rowntree dengan 10 langkah dari model bord and gall dan 3 langkah model Rowntree. Untuk menguji kelayakan peneliti menggunakan validasi ahli media, ahli desain dan ahli materi serta mempertimbangkan pula pada hasil respon pengguna dari guru dan peserta didik. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 76,7%, ahli desain instruksional/ media sebesar 90%, pengguna guru 93% dan pengguna peserta didik sebesar 92% secara keseluruhan memperoleh kategori "sangat layak”. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan modul elektronik  layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran bahasa Inggris kelas 7 di SMP Terpadu ABI. Hasil analisis data pretest dan posttest di ketahui nilai rata-rata pretest peserta didik adalah 9.4 dan nilai rata-rata posttest peserta didik adalah 17.5, sedangkan nilai rata-rata maximal adalah 20. Berdasarkan pengujian efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score, diperoleh hasil sebesar 0,8 dengan kategori tinggi atau dipersentase kan menjadi 90. Sesuai dengan konversi tingkat pencapaian hasil review skor N-Gain dengan nilai >76 dikategorikan efektif, maka penggunaan modul elektronik berbasis pembelajaran kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IX SMP Terpadu ABI dengan  tingkat efektifvitas sebesar 80. Berdasarkan penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik berbasis kontekstual pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas IX SMP Terpadu ABI layak dan efektif untuk digunakan.

References

Arief, Z. A. (2018). Landasan Teknologi Pendidikan (1st ed.). UIKA PRESS.

Darmawan Harefa. (2020). Teori Model Pembelajarab Bahasa Inggris Dalam Sains. Insan Cendekia Mandiri.

Fathurrahman, M. (2021). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional (3rd ed.). Teras.

Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X Ips. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057

Gall, Merediteh D, Joyce p Gall, W. R. B. (2003). Educational Research An Introduction.

Gall, B. (1989). Educational Research : An Introduction. Longman.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian dan Pengembangan ( Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Diengkapi contoh proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Literasi Nusantara.

Ibrahim, N. (2019). Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (Pertama). Media Akademi.

Jusmawati. (2018). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.). Rizky Artha Mulya.

Jusmawati. (2021). Model -model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (1st ed.). Samudra Biru.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Puspitasari, & Diah, A. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Rambe, K. R., & Pahlevi, M. R. (2022). Pengembangan Modul Bahasa Inggris Tema Covid-19. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(2), 881–889.

Rosnaningsih, A., Faridah, D. N., & Fitriyani, N. (2020). Penggunaan Strategi Concept Cartoon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris SDN Bencongan 1 Kabupaten Tangerang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pengajaran, 1(1), 1–7.

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Rnd. ALFABETA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (5th ed.). Alfabeta.

Suliarso, Marius Efgiva, G. & Y. (2021). Monograf Pembelajaran Online Matematika Berbasis Blended Learning.

Triyono, S. (2021). Dinamika Penyusunan E-Modul (1st ed.). Adanu Abimata.

Walter Dick, Lou Carry, J. O. C. (2015). The Systematic Design Of Instruction (eighth). PEARSON.

Widiastutik, T. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Kelas Xii Dengan Flip Pdf Profesional Sebagai Alternatif Pembelajaraan Di Tengah Pandemi Covid 19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 35–41. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.211

Yendri Wirda. (2020). Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Puslitjakdikbud.

Zarkasih, A. (2019). Metodelogi Penelitinan KUalitataif, Kuantitatif, Action Research and Reaserch and Development. Yayasan Pondok Pesantren Mawadah Warahmah.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Fitrina, N., Ibrahim, N., & widyasari, widyasari. (2023). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IX DI SMP TERPADU ABI LEUWISADENG BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 95–108. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10689