Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Materi Perangkat Keras Pada Mata Pelajaran Informatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Indonesia

Authors

  • Siti Jamilah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Salsabila Adrisdityas Candra Rifani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rudi Hartono Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality sebagai solusi permasalahan pada mata pelajaran informatika kelas 7 khususnya pada subbab hardware, dimana guru kesulitan dalam memanfaatkan media pembelajaran realia yang tersedia di sekolah, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Subyek penelitiannya adalah siswa kelas 7 SMP di Kota Bogor yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa sebesar [96%], hal ini diperkuat dengan [84.32%] dinyatakan efektif membantu meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan sebagai media pembelajaran.  Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality ini pendidik merasa lebih mudah menyampaikan materi perangkat keras, pembelajaran lebih interaktif dan menarik melalui rangkaian kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa atas materi yang dipelajari.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Jamilah, S., Candra Rifani, S. A., & Hartono, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Materi Perangkat Keras Pada Mata Pelajaran Informatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 38–48. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/18351