UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PEMBERIAN MOTIVASI

Authors

  • Rakhmiyanti .
  • Nurhayati .
  • Kendra Hartaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.452

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran STAD dan motivasi berprestasi dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Siklus Akuntansi, Kompetensi Dasar tahap–tahap pencatatan transaksi, di kelas X Akuntansi 1, semester 1 SMK Negeri 1 Bogor, tahun Pelajaran 2013-2014, dengan subyek siswa sejumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi siklus. Obyek penelitian dalam penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya pembelajaran. Dalam penelitian ini dibantu oleh guru yang berperan sebagai observer untuk mengamati pelaksanaan tindakan. Proses penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat pertemuan, tiap pertemuan adalah 8 jam pelajaran dengan waktu 1 jam pelajaran 45 menit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran STAD, dengan pemberian motivasi berprestasi.Dapat dilihat dari data perolehan nilai rata-rata pada siklus I 2,89 untuk pengetahuan, dengan nilai terendah 2,00 dan nilai tertinggi 3,70. Rata-rata nilai keterampilan 2,91 nilai terendah 2,10 dan tertinggi 3,70 jumlah siswa yang mencapai KKM 65 %. Pada siklus II nilai rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 3,15.dengan nilai terndah 2,40 dan tertinggi 4,00. Rata-rata nilai keterampilan 3,16 nilai terendah 2,20 dan tertinggi 4.00 jumlah siswa yang mencapai KKM 77,5 %. Setelah siklus III nilai rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 3,45.dengan nilai terndah 3,04 dan tertinggi 4,00. Rata-rata nilai keterampilan 3,50 nilai terendah 3,12 dan tertinggi 4.00 jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 100%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dengan penerapan motivasi berprestasi dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar akuntansi.

Downloads

Published

2014-07-12

How to Cite

., R., ., N., & Hartaya, K. (2014). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PEMBERIAN MOTIVASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.452

Issue

Section

Artikel