Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Internet dan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.489Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ,subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Bogor sebanyak 47 siswa yang diberi 3 instrumen : instrumen test ( hasil belajar PPKn) dan instrumen non test( angket persepsi siswa tentang penggunaan sumber belajar berbasis internet dan angket kebiasaan membaca). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 19.
Hasil analisis statistik korelasi variabel X1 terhadap variabel Y diperoleh koefesien sebesar 0,542, dari perhitungan diperoleh nilai t hitung > t tabel ( 4,322 > 2,015) hal ini menunjukkan bahwa hubungan X1 terhadap Y tergolong sedang. Koefesien determinasi sebesar 29,3 % merupakan sumbangan pengaruh persepsi siswa tentang penggunan sumber belajar berbasis internet dengan hasil belajar PPKn.
Hasil analisis statistik korelasi variabel X2 terhadap variabel Y diperoleh nilai koefesien korelasi sebesar 0,520 dari perhitungan diperoleh nilai thitung > t tabel ( 4,079> 2,015) hal ini menunjukkan bahwa hubungan X2 terhadap Y tergolong sedang. Koefesien determinasi sebesar 27 % meruapakan sumbangan pengaruh kebiasaan membaca terhadapd dengan hasil belajar PPKn.
Hasil analisis statistik korelasi berganda X1, X2, terhadap Y diperoleh koefesien korelasi bersama-sama sebesar 0,616 dari perhitungan diperoleh nilai F hitung > F tabel ( 13,44 > 3,209) . Hal ini menunjukkan bahwa hubungan X1, X2 terhadap Y diperoleh koefesien determinasi 37,9 %, yang berarti bahwa besar sumbangan pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan sumber belajar berbasis internet dan kebiasaan membaca secara bersama-sama dengan hasil belajar tergolong kuat.