HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN STAD DAN PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN DI SMK PGRI PAMIJAHAN BOGOR

Penulis

  • Jayadi Syarif
  • Nurhayati .
  • Kendra Hartaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.454

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran STAD dan pembelajaran media audio visual dengan hasil belajar PKn di SMK PGRI Pamijahan, baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun besama-sama (simultan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau penelitian ini berjumlah sebanyak 134 orang siswa. Secara keseluruhan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang siswa. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) pembelajaran STAD berhubungan positif dengan hasil belajar PKn sebesar 0,403. Besarnya kontribusi pembelajaran STAD terhadap hasil belajar PKn sebesar 16,2. (2) respon siswa terhadap pembelajaran media Audio Visual berhubungan positif dengan hasil belajar PKn sebesar 0,239. Besarnya kontribusi pembelajaran media audio visual terhadap hasil belajar PKn sebesar 5,7%. (3) pembelajaran STAD dan pembelajaran media Audio Visual secara simultan berhubungan positif dengan hasil belajar PKn sebesar 0.461. Besarnya kontribusi kedua variabel secara simultan terhadap hasil belajar PKn sebesar 21,2%.

Diterbitkan

2014-07-12

Cara Mengutip

Syarif, J., ., N., & Hartaya, K. (2014). HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN STAD DAN PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN DI SMK PGRI PAMIJAHAN BOGOR. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.454

Terbitan

Bagian

Artikel