Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Sikap Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas X di SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.490Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar PPKn diantara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. (2) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap yang dimiliki peserta didik terhadap hasil belajar PPKn. (3) Perbedaan hasil belajar PPKn diantara peserta didik yang memiliki sikap positif bila diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan bila diajar dengan model pembelajaran ekspositori. (4) Perbedaan hasil belajar PPKn diantara peserta didik yang memiliki sikap negatif bila diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan bila diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar PPKn diantara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori? (2) Apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap yang dimiliki peserta didik terhadap hasil belajar PPKn? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar PPKn diantara peserta didik yang memiliki sikap positif bila diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan bila diajar dengan model pembelajaran ekspositori? (4) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar PPKn diantara peserta didik yang memiliki sikap negatif bila diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan bila diajar dengan model pembelajaran ekspositori?
Data dalam penelitian ini diambil melalui tes hasil belajar PPKn dan pengisian instrument skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil penelitian: (1) dari hasil analisis varians dua jalur (Anava) diperoleh nilai Fo = 4,764 dan Sig. = 0,03 < 0,05, hal ini memiliki arti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar PPKn. dengan nilai Fo = 6,822 dan Sig. = 0,01 < 0,05,. (3) terdapat perbedaan sikap belajar terhadap hasil belajar PPKn antara peserta didik yang memiliki sikap belajar positif dan sikap belajar negative dengan nilai Fo = 113,686 dan Sig. = 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PPKn antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan peserta didik yang diajar dengan model Ekspositori di kelas X SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap belajar terhadap hasil belajar PPKn peserta didik di kelas X SMK Negeri 1 Bojonggede. (3) Hasil belajar PPKn peserta didik yang memiliki sikap belajar positif dengan peserta didik yang memiliki sikap belajar negative yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori di kelas X SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor. (4) Hasil belajar peserta didik yang memiliki sikap belajar negatif jika diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran PPKn di kelas X.